Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Berita Utama

Pencarian Data

TANJUNGPANDAN - (17/8/19) Semarak kemerdekaan tidak hanya dirasakan bagi masyarakat diluar tembok jeruji, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Yang sedang menjalani masa pidana dibalik jeruji besi pun ikut merasakan semarak kemerdekaan Republik Indonesia. Bertem di lapangan utama Lapas Kelas IIB Tanjungpandan ratusan WBP Melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74. Bertindak selaku Inspektur Upacara Seno Utomo, Bc.IP, SH, M.Si, upacara berlangsung Khidmat diikuti oleh Para Pejabat struktural dan Pegawai Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Turut hadir Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan Dewanto Wisnu Rahardjo, SH beserta jajarannya.

Menteri Hukum Dan HAM Yasonna H Laoly dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menekankan pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM). Yasonna mengatakan pembangunan SDM yang menjadi tema perayaan HUT kemerdekaan RI tahun ini tepat dikaitkan dengan visi pembangunan presiden Joko Widodo di periode keduanya. Hal itu sejalan dengan visi dan misi menuju  Indonesia Emas tahun 2045. Pembangunan SDM dan peningkatan kapasitas ASN menjadi fokus KemenkumHAM dalam beberapa tahun terakhir. Dia menyebut sejumlah upaya telah dilakukan KemenkumHAM untuk mewujudkan hal itu, seperti mengembangkan kelembagaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) hingga menerapkan dukungan teknologi informasi (TI) dalam pelayanan publik Dia mendorong seluruh ASN KemenkumHAM agar menjadi aparatur yang berintegritas, amanah, bertanggung jawab, dan profesional. Dia juga meminta ASN sama-sama bergerak memperbaiki kualitas dan kompetensi masing-masing.

Dalam rangkaian kegiatan Upacara, Inspektur Upacara juga menyerahkan Penghargaan Satya Lencana X Tahun kepada 3 Petugas Pemasyarakatan yang ditandatangani langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Ketiga petugas tersebut Endang Meidiansyah, S.AP, Yosep Oven Harry, AMd.IP, Dan M. Abdul Gofur.

Masih dalam rangkaian pelaksanaan Peringatan HUT RI ke 74,, Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos menyerahkan SK Remisi Umum bagi WBP Lapas IIB Tanjungpandan. Dari 218 TOTAL WBP yang menjalani Pembinaan, 143 berhak mendapatkan Remisi Umum Hari Kemerdekaan RI Bahkan 5 diantaranya bisa langsung menghirup udara bebas yaitu Suprianto Alias Supri  Bin Suwono, Yun Cun Alias Acun, Abdul Rauf Bin Suharjo, Yuti Bin Rejeman (Alm), Jainal Bin Lasahinu.

Hadir mendampingi Bupati Belitung, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, S,Sn,M.Si, Dandim 0414 Belitung, Danlanud HAS HANANDJOEDDIN, Kapolres Belitung, Kajari Belitung,.Ketua PN Tanjungpandan,.Sekda Belitung, Para Kepala Dinas dan Camat.

Dalam sambutannya Bupati Belitung H. Sahani Shaleh, S.Sos berharap kepada WBP agar mengikuti semua Program Pembinaan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dengan baik agar nantinya tidak melakukan kesalahan yang sama apalagi berulang ulang masuk penjara. Dengan kondisi alam yang kaya, asalkan memiliki kemampuan lapangan pekerjaan bisa dengan mudah didapatkan, ujar Bupati yang akrab disapa dengan Pak Sanem.

Terpisah, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Seno Utomo, BcIP, SH, M.Si kepada media.memaparkan saat ini pihaknya telah menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka menjalankan program pembinaan di Lapas. Dengan segala kekurangan yang dihadapi saat ini menjadi semangat bagi kami untuk berinovasi memberikan yang terbaik bagi WBP. Beberapa diantaranya yang sudah berjalan saat ini penanaman 50.000 bibit pohon sengon untuk lahan reklamasi PT Timah dan juga olahan makanan UMKM yang sebelumnya mendapatkan pelatihan dari PLUT Belitung.

Kami Keluarga Besar Lapas Kelas IIB Tanjungpandan mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke 74. SDM UNGGUL INDONESIA MAJU, Tutup Kalapas penuh Semangat.

Disiang hari acara dilanjutkan dengan panggung hiburan bagi WBP. Sebelumnya diserahkan.hadiah kepada para pemenang pertandingan. kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar dibawah pengawasan satuan pengamanan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

(Kontributor Lapas Kelas IIB Tanjungpandan - Humas Kanwil Babel)

UPACARA HUT RI 2019 5UPACARA HUT RI 2019 5UPACARA HUT RI 2019 5UPACARA HUT RI 2019 5UPACARA HUT RI 2019 5