KAKANWIL BABEL MEMBUKA SECARA RESMI SEMINAR KELILING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN KI BAGI UNIVERSITAS, UKM DAN INDUSTRI DI PROV. BABEL

seminar ki 3 

Pangkalpinang (07/05/2018) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung Sulistiarso membuka secara resmi Seminar Keliling dalam meningkatkan pemahaman pengelolaan dan pemanfaatan kekayaan intelektual (KI) bagi Universitas, UKM dan Industri. Yang di selanggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) di Hotel Santika Bangka Tengah selama dua (2) hari tanggal 07 s.d 08 Mei 2018.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan bahwa pelrindungan Kekayaan Intelektual seara umum mencakup perlindungan yang bersifat makro dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional suatu negara. Sedangkan secara mikro, KI berupa desain industri diharapkan dapat memenuhi kehidupan ekonomi para pendesain dan pemegang hak desain industri yang telah berupaya keras untuk menciptakan karya desain industri yang memiliki nilai tambah agar dapat bersaing di pasaran.

Menurut Kakanwil kurangnya pemahaman tentang penting pelindungan KI akan merugikan perkembangan sistem pelindungan KI, yang pada dasarnya untuk menciptakan suatu lingkungan berkarya yang kondusif dan adil, sehingga terpenuhi keseimbangan antara kepentingan pemilik KI dengan kepentingan publik selaku pengguna KI.

Untuk mendorong investasi perlu upaya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan sistem pelindungan KI di Indonesia. Diantara upaya tersebut Pemerintah Indonesia telah melakukan revisi terhadap beberapa Undang-Undang Kekayaan Intelektual antara lain yaitu Undang-Undang Hak Cipta, Merek dan Paten.

Seminar ini juga membahas mengenai sistem KI bagi Universitas, UKM, Industri di Jepang, dan Pemberdayaan UKM melalui pemanfaatan KI, serta penyajikan data hasil studi banding terkait pemahaman dan kesadaran KI di Jepang, dengan menghadirkan narasumber dari Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan KI, Molan Tarigan dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Erni Widhyastari dan menhadirkan pembicara dari JICA Expert, Takuya Sugiyama dan Yoshitaka Orita; serta Nancy Margied ( CEO Piksel Indonesia, Hajerati (kadiv Yankum Prov, Kepulauan Riau) dan Andrieansjah (Kasubdit Kerja sama dan luar negeri). Humas Babel

seminar ki 2018 3

seminar ki 3

seminar ki 3

 


Cetak   E-mail