MATANGKAN PERSIAPAN PERENCANAAN, PENGANGGARAN & PELAPORAN, KANTOR WILAYAH LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI RENCANA KERJA & ANGGARAN TAHUN 2020

9

16

20

23

Pangkalpinang (19-20 / 2) - Persiapkan pematangan perencanaan, penganggaran, serta pelaporan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum & Hak Asasi Manusia Kep. Bangka Belitung, dalam hal ini Subbagian Program & Pelaporan pada Divisi Administrasi, tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Rencana Kerja & Anggaran Tahun 2020 yang berlangsung di Swiss-Belhotel Pangkalpinang yang berlangsung selama 3 hari, yaitu 19-21 Februari 2020. Sebagai peserta, turut hadir seluruh perwakilan dari UPT beserta para Kepala UPT yang telah hadir pada sesi pembukaan kegiatan pada hari pertama, 19 Februari 2020 yang lalu.

11

11

21

 3

3

Di hari pertama, Kepala Kantor Wilayah, Anas Saeful Anwar, membuka langsung kegiatan Rapat Koordinasi. Diawali dengan laporan dari Ketua Penyelenggara kegiatan yaitu Kepala Divisi Administrasi, Itun Wardatul Hamro, dipaparkan tujuan pelaksanaan kegiatan agar para komponen perencana mempunyai pemahaman dan kemampuan dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran berbasis kinerja. Selain itu, juga dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu mendeteksi tingkat kesalahan dalam penyusunan anggaran dan memperkecil terjadinya revisi anggaran untuk tahun 2020 sehingga dapat berdampak baik dan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kinerja.

18

18

15

5

5 

 

Masuk ke kegiatan utama, selepas coffee break pertama, sesi materi pertama diberikan oleh Kepala Subbagian Program & Pelaporan, Evi Oktaviani, terkait penguatan terhadap pelaksanaan pengisian aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) dari Kementerian Keuangan. Hal ini ditujukan kepada para operator satuan kerja agar memahami bagaimana penerapannya dalam pelaksanaan tugas & fungsi, dimana dalam hal ini diharapkan dapat mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

15

15 8

8

Pada sesi kedua selepas istirahat siang, materi berikutnya diberikan oleh perwakilan dari Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI. Materi pertama diberikan oleh Kepala Subbagian Penyusunan Program & Anggaran II, Aditya Rachman S. Pada pokok pembahasan, diulas hal-hal terkait capaian & evaluasi kinerja anggaran; strategi kegiatan tahun 2020; serta perencanaan anggaran tahun 2021. Kemudian, materi penutup diberikan oleh Kepala Subbagian Pemantauan, Analisis & Pelaporan II, Lisca Presylia W. Ia mengulas hal-hal terkait pemantauan kinerja, seperti Indikator Kinerja Utama (IKU); monitoring & evaluasi kinerja serta kinerja anggaran;  laporan kinerja; target kinerja; SPIP; hingga penguatan penggunaan seluruh aplikasi terkait bagi para operator satuan kerja. Secara keseluruhan, apresiasi diberikan kepada seluruh satuan kerja di lingkungan Kemenkumham Kep. Bangka Belitung hingga mencapai nilai yang kini telah diraih. Kegiatan pada hari pertama ditutup dengan sesi tanya jawab hingga pukul 17.00 WIB.

 17

22

8

3

 

Memasuki hari kedua, materi pertama diberikan langsung oleh Kepala Divisi Administrasi, Itun Wardatul Hamro. Penguatan terkait kebijakan perencanaan dan penganggaran diberikan kepada seluruh perwakilan dari masing-masing satuan kerja. Beliau juga membahas seluruh pelaporan kegiatan & anggaran berkala yang wajib diselesaikan pada waktu yang telah ditentukan. Tertib administrasi yang telah disampaikan dari hari pertama kepada para peserta rapat koordinasi wajib diterapkan agar hasil yang diraih pada masa evaluasi pelaporan mendapatkan nilai yang optimal. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan penguatan terhadap pelaksanaan pengisian aplikasi SAKTI oleh Subbagian Program & Pelaporan. (Humas Kanwil Babel)


Cetak   E-mail