Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Berita Utama

Pencarian Data

Pangkalpinang - Kepala Kantor Wilayah, Anas Saeful Anwar, yang diwakili oleh Bagian Program dan Hubungan Masyarakat, Triandini menghadiri Acara Sosialisasi Pembangunan Agen Perubahan : Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Melalui Pembangunan Budaya Kerja di Ruang Pasir Padi Lantai 3 Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Acara ini dihadiri oleh seluruh pejabat perangkat daerah, kota dan provinsi serta pejabat instansi vertikal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kamis,17/10/19).

Kegiatan ini dibuka oleh PLT. Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yulizar Adnan, dan menghadirkan narasumber dari Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Florentino Eko Yulianto yang akan memberikan materi tentang Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Melalui Pembangunan Budaya Kerja.

Disampaikan oleh Feko, sebagai narasumber, bahwa Reformasi adalah proses berubahnya sesuatu menjadi yang lebih baik. Menurut narasumber, Langkah - langkah untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi sebagai berikut :

1. Mendapatkan komitmen yang kuat dari pimpinan.

2. Melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

3. Membentuk Tim Reformasi Birokrasi.

4. Menerapkan road map 8 area perubahan.

5. Menerapkan Manajemen Berbasis Kinerja.

6. Menginformasikan upaya dan hasil secara berkala, termasuk Quick Wins.

7. Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (PMPRB)

8. Menindaklanjuti hasil monitoring dan evaluasi.

Narasumber mencontohkan Reformasi Birokrasi di Kementerian Keuangan sudah berjalan dengan maksimal, hal ini dibuktikan dengan sedikitnya pekerjaan yang masih menggunakan kertas (less paper) namun sekarang sudah menggunakan berbagai aplikasi - aplikasi, rapat - rapat tidak lagi dilaksanakan secara manual tapi melalui video conference dengan aplikasi zoom, narasumber menggambarkan Teknologi Informasi yang ada sekarang ini sebenarnya mudah dan murah, bisa menghemat biaya dan bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. Selain membangun budaya kerja, hal ini salah satu upaya Kemenkeu untuk melakukan percepatan dalam pembangunan reformasi birokrasi.

Pembentukan agen perubahan reformasi birokrasi ini sendiri dibentuk berdasarkan PERMENPANRB No. 27 Tahun 2014. Yang berasaskan yaitu komitmen pimpinan, partisipatif, rasa memiliki dan ketersediaan sumber daya. (HumasBabel)

sosialisasi agen perubahan reformasi birokrasi