Bandung - Tingkatkan kualitas pemberian layanan kepada masyarakat, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung ikuti Konsinyering PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dan Aplikasi LAPOR!, di Hotel Crowne Plaza Bandung, (19-21/06/2024).
Membuka kegiatan, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI, Hantor Situmorang menuturkan, komitmen Kementerian Hukum dan HAM dalam memberikan pelayanan yang optimal sangat penting artinya guna meningkatkan kepercayaan publik kepada instansi. Kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan tentunya akan semakin menumbuhkan kepercayaan publik dan meningkatkan citra positif Kementerian Hukum dan HAM.
"Tentunya ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk menumbuhkan kepercayaan publik tersebut. Hal yang pertama adalah melaksanakan pelayanan sesuai standar pelayanan," ujar Hantor.
Hantor menuturkan, aspek kedua yaitu pelayanan yang diberikan harus mengacu pada dasar hukum. Aspek ketiga adalah, petugas yang memberikan pelayanan harus yang kompeten.
"Untuk itu, perlu dilaksanakan berbagai kegiatan peningkatan kompetensi SDM pengelola pelayanan. Seperti kegiatan yang dilaksanakan pada saat ini, dengan mengundang narasumber yang berkompeten di bidangnya, diharapkan SDM pemangku tugas dan fungsi layanan PPID maupun LAPOR! dapat memperoleh wawasan baru dan meningkatkan skill yang diperlukan dalam memberikan pelayanan yang prima kepada publik," kata Hantor.
Pada kesempatan ini, disampaikan materi oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) terkait "Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik". Lalu tentang "Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Indonesia" oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB.
Kegiatan dilanjutkan dengan Konsinyering terkait pembahasan draft Keputusan Menteri Hukum dan HAM (Kepmenkumham) tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan penyusunan draft Standar Operasional Prosedur PPID terbaru. Lalu pelatihan teknis terkait penggunaan aplikasi LAPOR!.
Hadir mengikuti kegiatan tersebut, Kepala Subbagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi (Sriyani Agustina), serta Pranata Humas Pertama Kemenkumham Babel.
Humas Kanwil Kemenkumham Babel