Kanwil Kemenkumham Babel Laksanakan Rapat Presentasi Proposal Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) dan Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK) Tahun 2024

 WhatsApp Image 2024 03 15 at 15.20.05

Pangkalpinang - Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung Laksanakan Rapat Presentasi Proposal Presentasi Proposal Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) dan Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK) Tahun 2024 pada hari ini, Jum’at ( 15/03) yang bertempat di Ruang Rapat Lt. II.

Hadir dalam Kegiatan Rapat Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kunrat Kasmiri), Kepala Divisi Administrasi (Muslim Alibar), Kepala Bidang HAM (Suherman), Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi (Andi Yudho Sutijono), Kasubbid Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Poppy Rinafany), Kasubbid Pemajuan HAM (Yulizar), JFU Bidang HAM, JFU Bagian Program dan Humas, seluruh Operator Survei 3AS UPT Pemasyarakatan dan seluruh Operator Survei 3AS UPT Keimigrasian.

Dibuka oleh Kabid HAM, Suherman menyampaikan bahwa Survei 3AS penting untuk mengevaluasi dan melakukan perbaikan atas layanan publik yang sudah kita berikan dan sebagai hasil rapor kinerja Satker dari sisi pelayanan publik.

" Dengan adanya kegiatan ini dapat mensosialisasikan informasi terbaru terkait perubahan kebijakan survei seperti perubahan domain, perubahan redaksi dari SPAK / IPK dan SPKP/IKM namun secara substansi tetap sama serta informasi kebijakan lainnya serta memberikan penguatan kembali agar pelaksanaan survei 3AS tetap dilaksanakan dengan optimal dan penuh semangat " Pungkas Suherman.

Kepala Divisi Administrasi, Muslim Alibar menyampaikan dalam sambutannya bahwa amanah kegiatan dari Unit Eselon I Badan Strategi Kebijakan (BSK) Hukum dan HAM yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SPAK dan SPKP serta Survei Integritas berbasis online melalui Aplikasi Survei 3AS dengan Dasar hukum pelaksanaan survei UU Nomor 25 Tahun 2009 (Yanlik), PermenPAN-RB Nomor 14 Tahun 2017 (Pedoman Survei), Permenkumham Nomor 30 Tahun 2018 (Orta Kanwil), PermenPAN-RB Nomor 90 Tahun 2021 (ZI WBK/WBBM), Permenkumham Nomor 28 Tahun 2023 (Orta kemenkumham)

WhatsApp Image 2024 03 15 at 15.20.06

“Output yang ingin dicapai dari kegiatan hari ini yaitu Laporan Kegiatan Presentasi Proposal SPAK dan SPKP sebagai data dukung B03 capaian kinerja Kanwil Kemenkumham Kep. Babel dan outcomenya yaitu tersampaikannya informasi perubahan kebijakan sruveri terbaru dan persamaan persepsi pentingnya upaya peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis hasi survei IPK-IKM di UPT dan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kep. Bangka Belitung yang optimal” Jelas Muslim

Rapat presentasi proposal SPAK dan SPKP menghadirkan Narasumber yaitu Pranata Komputer Ahli Muda pada Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridho Akbar dengan menyampaikan hak terkait Overview IKM dan IPAK, Tahapan Survei, Penjelasan rumus perhitungan statistik menggunakan rumus slovin dan tabel morgan dan Kredjcie yang akan dipakai Kemenkumham dalam menentukan responden ideal per Satker dan rekomendasi Statistik.

Menambahkan paparan narasumber, Kasubbid P3H2, Poppy Rinafany menyampaikan bahwa 2 fokus kegiatan utama tahun 2024 yang diamanahkan ke Kantor Wilayah yaitu kegiatan monitoring dan evaluasi SPAK dan SPKP terdiri dari monitoring dan evaluasi. Monitoring, outputnya Laporan Kompilasi Hasil Survei SPAK - SPKP, Evaluasi , outputnya Laporan akhir evaluasi pelaksanaan SPAK dan SPKP di Kantor Wilayah (perlu pemetaan data responden dan pemetaan permasalahan).

" Harapan kami dengan adanya kegiatan ini dan sesuai arahan BSK Hukum dan HAM yaitumenghasilkan sebuah pangkalan data (database) jumlah responden masing-masing Satker yang dapat menjadi pedoman bagi Satker dalam menentukan jumlah responden SPAK-SPKP setiap bulannya dan juga menjadi bahan evaluasi bagi peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan, meningkatkan validitas dan reliabilitas pelaksanaan kegiatan SPAK-SPKP dan meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pemetaan permasalahan " Ujar Poppy.

Kegiatan ditutup dengan sesi diskusi terkait kendala permasalahan teknis survei dan simulasi perhitungan responden ideal menggunakan rumus slovin dan tabel morgan dan Kredjcie. Rapat Presentasi Proposal SPAK dan SPKP berjalan dnegan baik dan lancar.

KANWIL KEMENKUMHAM BABEL

WhatsApp Image 2024 03 15 at 15.20.07

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI