Divim Kemenkumham Babel Kunjungi Kesbangpol dan Bawaslu Kabupaten Bangka, Ada Apa?

WhatsApp Image 2023 12 08 at 14.45.13 2

Sungailiat - Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Teguh Setiadi beserta jajaran melaksanakan Koordinasi dengan KESBANGPOL dan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Bangka Induk terkait kerawanan yang dapat ditimbulkan oleh orang asing menjelang Pemilu 2024. Ha ini merupakan tindaklanjut dari surat Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Nomor : IMI.5-GR.03.06-487 tanggal 10 November 2023 hal Pelaksanaan Rapat Timpora menjelang Pemilu 2024, Jumat (08/12).

Pada kesempatan pertama tim mengunjungi KESBANGPOL Kabupaten Bangka Induk dan di terima oleh ibu Septi Tri Andriani selaku Sekretaris Badan di damping Bapak Ilyas selaku Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Dan Organisasi Kemasyarakatan di ruang tamu beliau. Bapak Teguh Setiadi mengutarakan maksud datang dalam rangka koordinasi terkait kerawanan yang dapat ditimbulkan oleh orang asing menjelang Pemilu 2024 khususnya di Kabupaten Bangka Induk.

Teguh Setiadi menjelaskan terkait mekanisme clearance house jika seseorang Warga Negara Asing dari negara tertentu yang ingin masuk ke wilayah Indonesia memerlukan  calling visa. Negara tersebut mendapat perlakuan khusus dikarenakan tingkat keamanan, sosial politik yang tidak stabil sehingga diperlukan penelitian atau penilaian khusus terhadap warga negaranya untuk diizinkan masuk ke wilayah Indonesia. Forum ini dibawah naungan Kementerian Luar Negeri dan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM serta memiliki anggota yang terdiri dari BIN (Badan Intelijen Negara), Direktorat Jenderal Imigrasi, BAIS TNI (Badan Intelijen Strategis TNI), Kepolisian Republik Indonesia, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu perlu diwaspadai peliputan wartawan warga negara asing dalam rangka pemilu. Pengawasan dan pemantauan kegiatan peliputan  ini diharapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan demikian dapat dicegah pemberitaan atapun informasi yang negatif. Sehingga pemberitaan dapat lebih proporsional dan tidak bersifat propaganda.

Septi berterimakasih atas kedatangan tim dan berharap dapat berkolaborasi aktif dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemilu 2024 di Bangka Belitung. Tambahan dari bapak Ilyas yang menjelaskan sampai saat ini proses persiapan pemilu yang mana pada saat ini sedang dalam masa kampanye paslon terpatau aman dan sesuai dengan aturan. Tim dari Kesbangpol Bangka Induk pun rutin menggelar pengawasan melekat guna memitigasi resiko kerawanan konflik selama masa persiapan pemilu 2024.

Selanjutnya tim mengunjungi Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Bangka Induk dan diterima langsung oleh Ibu Sugesti selaku Kepala Bawaslu dan Bapak Wahyu Perdana selaku Plt. Kepala Sekretariat. Selanjutnya Bapak Teguh Setiadi mengutarakan maksud datang dalam rangka koordinasi terkait kerawanan yang dapat ditimbulkan oleh orang asing menjelang Pemilu 2024 khususnya di Kabupaten Bangka Induk.

Sugesti mengapresiasi kedatangan tim dan memberikan informasi sampai saat ini belum didapati informasi adanya wartawan atau media internasional yang akan meliput jalannya pemilu di Kabuapaten Bangka Induk. Sampai saat ini terdata sekitar 911 TPS yang akan dijadikan tempat pemilihan oleh DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Bangka Induk pada tanggal 14 Februari 2024 nantinya. Himbauan dari beliau sesuai dengan peraturan perundang-undangan bahwa tidak diperkenankan media nasional maupun internasional masuk ke area TPS dan hanya boleh meliput disekitar TPS berada. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu jalannya pemilihan umum secara tertib. Kegiatan koordinasi berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

WhatsApp Image 2023 12 08 at 14.45.13 2

WhatsApp Image 2023 12 08 at 14.45.13 2 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI