DIVISI YANKUMHAM KEMENKUMHAM BABEL LAKUKAN MONITORING DAN EVALUASI POS YANKOMAS KECAMATAN

WhatsApp Image 2022 11 18 at 19.16.26 1

Toboali, (18/11/2022) - Dalam rangka menindaklanjuti MoU antara Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Kep. Bangka Belitung dengan Pemerintah Kabupaten tentang Optimalisasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Divisi Yankumham Bidang Pelayanan Hukum dan HA, serta PKS tentang Pembentukan Pos Yankomas Kecamatan di wilayah Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Divisi Yankumham melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap Pos Yankomas yang sudah dibentuk di Kecamatan Simpang Katis Kab. Bangka Tengah dan Kecamatan Air Gegas Kab. Bangka Selatan.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Eva Gantini) beserta jajaran Bidang HAM tersebut bermaksud untuk melihat secara langsung kondisi dan perkembangan pos-pos Yankomas pada Kecamatan tersebut, serta menginventarisir permasalahan dan kendala yang dihadapi pihak Kecamatan dalam melaksanakan pelayanan komunikasi masyarakat terhadap permasalahan HAM yang disampaikan masyarakat.

Selain itu, Eva Gantini juga menyampaikan kunjungan tersebut dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi dan sinergi dalam mengoptimalkan pelayanan hukum dan HAM di tingkat Kecamatan.

Pihak Kecamatan menyampaikan bahwa pihaknya terus berusaha untuk memberi pelayanan terbaik terhadap Pemenuhan dan Perlindungan HAM kepada masyarakat dan akan terus berkoordinasi dengan Kantor Wilayah. Terkait dengan pengaduan, sampai saat ini belum ada pengaduan dari masyarakat yang masuk sampai ke Kecamatan.

Pada kesempatan yang sama dilakukan pendampingan kepada petugas Kecamatan mengenai tata cara pelaporan pengaduan permasalahan HAM masyarakat melalui aplikasi Simasham dan penyerahan brosur/pamflet sebagai informasi bagi masyarakat bahwa pengaduan pelanggaran HAM tidak perlu dilakukan dengan datang langsung ke Kantor Wilayah, tetapi bisa dilakukan di Kantor Kecamatan setempat.

Sebagai bahan evaluasi, kedepan akan diagendakan sosialisasi kepada petugas Yankomas yang ada di Kecamatan serta masyarakat sehingga dapat memahami apa itu Yankomas.

WhatsApp Image 2022 11 18 at 19.16.26 1

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI