Dorong Optimalisasi Keikutsertaan PJA 2024, Kanwil Kemenkumham Babel Kunjungi Pemkab Belitung

Belitung - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung terus intensif dan masif mendorong Kepala Desa ataupun Lurah di seluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk ikut serta dan mendaftar dalam ajang Paralegal Justice Award (PJA) tahun 2024.

Kali ini, Tim Kanwil Kemenkumham Babel yang dipimpin oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fajar Sulaeman Taman beserta Kepala Subbidang Luhbankum & JDIH, Muhamat Ariyanto melaksanakan kunjungan kerja langsung ke Pemerintah Kabupaten Belitung pada hari Rabu, (17/01/2024).

Tim Kanwil disambut dan diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Bakrie Hauriansyah dan Kepala Bidang Hukum, Wigman Wudie Setiawan di ruang Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Fajar Sulaeman Taman selaku Kadiv Yankumham menyampaikan salah satu urgensi koordinasi yang dilakukan yaitu membahas terkait optimalisasi pendaftaran dengan upaya mendorong para Kepala Desa dan Lurah yang ada di wilayah administratif Kabupaten Belitung untuk ikut serta dan mendaftar pada PJA tahun 2024.

Adapun Penghargaan Paralegal Justice Award (PJA) sendiri merupakan apresiasi dari pemerintah kepada para Kepala Desa dan Lurah di seluruh Indonesia karena telah aktif menjadi juru damai (Non Litigation Peacemaker) atas permasalahan hukum yang dihadapi oleh masyarakat sekitarnya dan yang dapat mendorong pertumbuhan serta perkembangan iklim investasi pada wilayah yang dipimpinnya.

"Saya mencatat ada banyak Kepala Desa dan Lurah yang telah berhasil menjadi juru damai di masyarakatnya dan juga berhasil mengembangkan potensi investasi di wilayahnya sehingga memiliki potensi untuk meraih nominator PJA terbaik 2024," ujar fajar.

"Yang menjadi pekerjaan rumah sekarang yaitu untuk mendorong para Kepala Desa dan Lurah tersebut untuk bisa mendaftar PJA tahun 2024 sehingga semua kerja baik yang selama ini telah mereka jalankan mendapat apresiasi yang sesuai dari pemerintah," imbuh Fajar.

Bakrie Hauriansyah selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Belitung menanggapi penyampaian tersebut dengan menyampaikan kesediaan dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Belitung untuk mendorong dan memfasilitasi para Kepala Desa dan Lurah untuk ikut berpartisipasi dalam PJA tahun 2024 ini.

"Kami Pemerintahan Kabupaten Belitung menyambut baik dan bersedia memfasilitasi upaya untuk mendorong para Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Bangka untuk mendaftar PJA 2024," ujar Bakrie.

Bakrie menuturkan, ajang Penghargaan seperti PJA ini, akan dapat menstimulus semangat kerja dan dapat memacu para Kepala Desa dan Lurah untuk bekerja lebih efektif, efisien, maksimal dan berorientasi pada hasil.

"Kami akan segera bergerak untuk menyebarkan informasi pendaftaran tersebut kepada para Kepala Desa dan Lurah, terutama pada Desa/ Kelurahan yang sudah menjadi Binaan Sadar Hukum di Kabupaten Belitung," tegas Wigman selaku Kepala Bagian Hukum.

Sekadar informasi, pada Paralegal Justice Award (PJA) tahun 2024 ini sendiri, terdapat tahapan seleksi yang terdiri dari Pendaftaran, Pembekalan Pra-PJA, Seleksi Daerah, Seleksi Provinsi, Seleksi Nasional, dan Paralegal Academy. Kemudian terdapat 4 kategori penghargaan, yakni Top 10 Favourite melalui Vote, Top 10 Nilai Terbaik, Anugerah PJA serta Penghargaan Non Litigation Peacemaker atau Anubhawa Sasana Jagaddhita.

Adapun pendaftaran dan seleksi Paralegal Justice Award 2024 dilakukan melalui Laman Website PJA ( pja.bphn.go.id ) dan pendaftaran akan ditutup pada 31 Januari 2024.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI