Dorong Pendaftaran PJA 2024 dan Penyuluhan Hukum Serentak, Kadiv Yankumham Koordinasi Ke Sekda Kabupaten Bangka

 

Kabupaten Bangka - Kadiv Yankumham, Fajar Sulaeman Taman beserta Tim Bidang Hukum melaksanakan Koordinasi langsung ke Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka, Andi Hudirman terkait pendaftaran Paralegal Justice Award tahun (PJA) tahun 2024 dan Penyuluhan hukum serentak pada hari Senin, (15/01).

Dalam pertemuan tersebut, Fajar Sulaeman Taman selaku Kadiv Yankumham menyampaikan salah satu urgensi koordinasi yaitu membahas terkait dengan upaya mendorong para Kepala Desa dan Lurah yang ada diwilayah administratif Kabupaten Bangka untuk berpartisipasi dan ikut mendaftar pada Paralegal Justice Award (PJA) tahun 2024. Penghargaan Paralegal Justice Award (PJA) sendiri merupakan apresiasi dari pemerintah kepada para Kepala Desa dan Lurah di seluruh Indonesia karena telah aktif menjadi juru damai (Non Litigation Peacemaker) atas permasalahan hukum yang dihadapi oleh masyarakat sekitarnya. Kepala Desa dan Lurah lah yang menjadi paling dekat dan menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan konflik hukum masyarakat sebelum naik pada tingkat persidangan peradilan. Selain itu juga terdapat apresiasi untuk Kepala Desa dan Lurah sebagai Anubhawa Sasana Jagaddhita yang dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan iklim investasi pada wilayah yang dipimpinnya.

"Saya menginventarisir banyak Kepala Desa dan Lurah yang telah berhasil menjadi juru damai dimasyarakatnya dan berhasil mengembangkan potensi investasi diwilayahnya sehingga memiliki potensi untuk menjadi nominator PJA terbaik" ujar fajar. "Yang perlu dilakukan sekarang yaitu mendorong bagi para Kepala Desa dan Lurah tersebut untuk bisa mendaftar dan melampirkan semua kerja baik yg selama ini telah dijalankan" imbuh Fajar.

Andi Hudirman selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka menanggapi penyampaian tersebut dengan menyampaikan kesediaan dalam hal ini Pemerintah Daerah untuk mendorong dan memafilitasi para Kepala Desa dan Lurah untuk ikut berpartisipasi dalam PJA tahun 2024 ini.
"Kami menyambut baik dan bersedia memfasilitasi upaya untuk mendorong para Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Bangka untuk mendaftar PJA 2024" ujar Andi. "Penghargaan-penghargaan seperti itu, akan membuat para Kepala Desa dan Lurah dapat memacu kerja lebih optimal dan menambah suplai semangat bekerja" imbuhnya.

Untuk merealisasikan upaya tersebut, Kantor Wilayah Kemenkumham Babel akan melaksanakan Penyuluhan Hukum serentak pada tanggal 23 januari 2023 kepada 19 Lurah dan 62 Kepala Desa yang ada dikabupaten Bangka dimana salah satu materi terkait pendaftaran PJA 2024. Selain penyampaian materi, maka akan dilakukan juga pendampingan langsung pendaftaran PJA oleh para operator Kanwil Kemenkumham Babel.

Pada Paralegal Justice Award (PJA) tahun 2024 ini sendiri, terdapat tahapan seleksi yang terdiri dari Pendaftaran, Pembekalan Pra-PJA, Seleksi Daerah, Seleksi Provinsi, Seleksi Nasional, dan Paralegal Academy. Kemudian terdapat 4 kategori penghargaan, yakni Top 10 Favourite melalui Vote, Top 10 Nilai Terbaik, Anugerah PJA serta Penghargaan Non Litigation Peacemaker atau Anubhawa Sasana Jagaddhita.

Adapun pendaftaran dan seleksi Paralegal Justice Award 2024 dilakukan melalui Laman Website PJA ( pja.bphn.go.id ) dan pendaftaran akan ditutup pada 31 Januari 2024.

Subbidang Luhbankum dan JDIH

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI