Dorong Peningkatan Publikasi, Kakanwil Inisiasi Penguatan Kehumasan Bagi Jajaran Kanwil dan UPT Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2022 12 27 at 18.40.01

Pangkalpinang – Dalam rangka mendorong peningkatan publikasi mengenai layanan dan capaian kinerja, Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto inisiasi pelaksanaan penguatan kehumasan bagi jajaran Kanwil Kemenkumham Babel beserta Unit Pelaksana Teknis, Selasa (27/12/2022) pukul 13.30 WIB hingga 15.30 WIB.

Kegiatan yang berlangsung secara daring ini diikuti oleh Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, Kepala Bagian Program dan Humas, N.A Triandini Oscar, Kasubbag Humas, RB, dan TI beserta jajaran dari Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Wilayah. Sementara Unit Pelaksana Teknis yang dihadiri para Kepala UPT beserta jajaran pengelola media sosial dan kehumasan mengikuti dari aula masing-masing.

Menghadirkan narasumber sesama rekan humas dari Kanwil Kemenkumham Sumsel, Bapas Lahat, dan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Harun menghimbau jajaran Kanwil Kemenkumham Babel dapat melakukan transfer knowledge sebagai upaya dalam peningkatan tugas dan fungsi kehumasan.

Narasumber pertama, Sinta Dwi Putri yang merupakan Pranata Humas di Kanwil Kemenkumham Sumsel menyampaikan materi mengenai tata cara penulisan berita sehingga berita yang disajikan dapat lolos untuk tayang ke media nasional.

“Dalam melakukan publikasi berita, beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya penyebarluasan informasi pada media online yang telah terverifikasi Dewan Pers sehingga dapat dengan mudah terindeks oleh google. Selain itu, sertakan juga keyword dan hashtag pada setiap berita yang dipublikasikan,” jelas Sinta.

Melanjutkan pemaparan, Ridho yang merupakan humas Kanwil Kemenkumahm Sumsel berbagi pengetahuan mengenai pembuatan infografis, seperti cara membuat desain yang menarik.

“Dalam membuat desain, perlu diperhatikan pemilihan font dan warna yang menarik, sehingga infografis yang dibuat dapat ter-branding dengan baik,” ujar Ridho.

Narasumber ketiga yaitu Choirul Muslimah dari Bapas Lahat menyampaikan tips dan trik mengenai publikasi pemberitaan melalui media twitter agar suatu berita dapat menjadi viral. Bapas Lahat merupakan salah satu satuan kerja yang selalu memperoleh hasil tertinggi pada penilaian pemantauan media.

Pemateri terakhir yaitu Asrul Ashary dari Kanwil Kemenkumham Sulsel yang menyampaikan materi terkait Manajemen Media Online dan Media Sosial.

“Kita harus mengetahui terlebih dahulu apa tolak ukur yang digunakan, selanjutnya kita terapkan strategi dan selanjutnya dilakukan evaluasi setiap harinya,” ujar Asrul.

Pada akhir kegiatan, Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada para narasumber yang telah berkenan untuk berbagi ilmu mengenai kehumasan. Harun juga menekankan bahwa setiap UPT harus serius dalam melakukan publikasi, terutama pada media sosial Twitter. Kakanwil mengharapkan adanya peningkatan dalam penggunaan sosial media twitter.

“Diharapkan jajaran Kanwil Kemenkumham Babel dan Unit Pelaksana Teknis dapat mengimplementasikan apa saja yang disampaikan oleh rekan-rekan narasumber, sehingga publikasi mengenai kegiatan dan capaian dapat menyebar luas dan cepat,” tutup Harun.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2022 12 27 at 18.40.01WhatsApp Image 2022 12 27 at 18.40.01

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI