Gerak Cepat Tingkatkan Pencatatan KIK, Kadivyankumham Kemenkumham Babel Kunjungi Disdikbud Belitung

WhatsApp Image 2023 11 01 at 12.54.56

Belitung - Dalam upaya meningkatkan pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankumham), Fajar Sulaeman Taman didampingi oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Adi Riyanto, beserta staf kunjungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, Rabu (01/11).

Kedatangan Tim Kanwil Kemenkumham Babel diterima oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, Tomi.

Kadivyankumham Fajar menyampaikan, kunjungan kali ini sebagai himbauan dari Kanwil Kemenkumham babel untuk mengingatkan Dinas terkait pencatatan KIK. Saat ini, setiap Kabupaten sudah mulai antusias dalam mencatatkan KIK daerahnya, agar Kekayaan Intelektual Komunal daerahnya tidak diambil oleh daerah lain.

Lebih lanjut, Fajar mengatakan bahwa Kekayaan Intelektual Komunal adalah Kekayaan Intelektual yang berada di dalam masyarakat komunal dan merupakan penciri serta identitas dalam suatu daerah dan memiliki nilai-nilai budaya yang khas.

"KIK terdiri dari Ekspresi Budaya Tradisional (EBT), Pengetahuan Tradisional (PT), Sumber Daya Genetik (SDG), dan Indikasi Geografis (IG)," sebut Fajar.

Dikatakan Fajar, ciri prinsip komunal yaitu berkembang dan muncul di kalangan masyarakat, kepemilikan dan pelestarian bersifat komunal (bersama), memperlihatkan identitas dan budaya masyarakat tertentu. Oleh karena itu, kekayaan intelektual komunal lekat dengan masyarakat dan ada di dalam masyarakat umum, bukan pribadi.

Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Adi Riyanto menambahkan, untuk Kabupaten Belitung, ada 2 KIK yang akan diserahkan secara langsung kepada Bupati Belitung, yaitu Maras Taun dan Muangjong.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, Tomi menanggapi akan segera berkonsultasi ke Kanwil Kemenkumham Babel terkait Kekayaan Intelektual Komunal di Belitung agar budaya komunal Belitung dapat dikenal masyarakat luas.

Besar harapan, pada tahun 2024 lebih banyak pencatatan KIK yang diajukan oleh Kabupaten Belitung.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2023 11 01 at 12.54.56

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI