Jelang Penilaian KKP HAM 2024, Kemenkumham Babel Audiensi dengan Perangkat Daerah Bangka Barat

WhatsApp Image 2024 01 25 at 21.21.11

Bangka Barat - Dalam rangka persiapan Penilaian Kabupaten/ Kota Peduli HAM (KKP HAM) tahun 2024 oleh Kementerian Hukum dan HAM R.l, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung melalui Subbidang Pemajuan HAM lakukan Audiensi sekaligus pendampingan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bangka Barat terkait dengan pengisian data laporan KKP HAM tahun 2024, Kamis (25/01/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Asisten l Bangka Barat tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang HAM (Suherman), Kasubbid Pemajuan HAM (Yulizar), Pelaksana Bidang HAM, Analis Hukum (Indra) serta jajaran Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kab. Bangka Barat dan OPD terkait pengampu Program RANHAM di Kab. Bangka Barat.

Kepala Bidang HAM, Suherman dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tersebut untuk mendorong Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam mewujudkan Kabupaten yang peduli HAM melalui implementasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM).

"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan sinergitas antara Kantor Wilayah dengan Pemkab Bangka Barat dalam rangka penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM (P5HAM) serta sebagai bahan evaluasi dalam pelaksanaan dan pelaporan KKPHAM," tambah Suherman.

Pada kesempatan tersebut, Kasubbid Pemajuan HAM (Yulizar) memberikan penjelasan teknis mengenai data indikator KKP HAM yang harus dilaporkan oleh Pemerintah Kabupaten sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 22 tahun 2021 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Yulizar juga meminta kepada Bagian Hukum Setda Bangka Barat agar dapat segera menyampaikan laporan KKP HAM yang berupa formulir indikator beserta data dukung kepada Kantor Wilayah untuk dilakukan pemeriksaan data dan kemudian data tersebut akan dilaporkan ke Ditjen HAM untuk dilakukan penilaian.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bangka Barat dalam pelaksanaan maupun pelaporan KKP HAM. Diharapkan pada tahun ini Kabupaten Bangka Barat dapat meraih kembali predikat KKP HAM.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2024 01 25 at 21.21.11

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI