Jemput Bola, Kanwil Kemenkumham Babel Laksanakan Penyuluhan Hukum kepada Masyarakat dan Pendampingan pendaftaran PJA 2024 di Kelurahan Toboali

Bangka Selatan - Tim Subbidang Luhbankum dan JDIH Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Penyuluhan Hukum kepada masyarakat dan pendampingan langsung pendaftaran Paralegal Justice Award (PJA) tahun 2024 di Kelurahan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (16/01/2024).

Tim Kanwil Kemenkumham Babel dipimpin oleh Kepala Subbidang Luhbankum dan JDIH, Muhamat Ariyanto beserta para JFT Penyuluh Hukum dan JFU. Tim disambut dan diterima oleh Lurah Toboali, Susanto dan perangkat kelurahan.

Penyuluhan Hukum tersebut dilaksanakan kepada masyarakat di Kelurahan Toboali yang terdiri dari perangkat kelurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tokoh adat. Materi yang disampaikan yaitu terkait dengan pemberian bantuan hukum gratis dan pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Adapun pemateri dalam penyuluhan yakni Sudihastuti dan Fajar Husein selaku Tenaga Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Babel.

Selain Penyuluhan Hukum, Tim Kanwil juga jemput bola mendorong Lurah Toboali untuk berpartisipasi dan ikut mendaftar pada Paralegal Justice Award (PJA) tahun 2024. Penghargaan Paralegal Justice Award (PJA) sendiri merupakan apresiasi dari pemerintah kepada para Kepala Desa dan Lurah di seluruh Indonesia karena telah aktif menjadi juru damai (Non Litigation Peacemaker) atas permasalahan hukum yang dihadapi oleh masyarakat sekitarnya dan sebagai Inisiator untuk mendorong pertumbuhan iklim investasi pada wilayah yang dipimpinnya (Anubhawa Sasana Jagaddhita).

"Kanwil Kemenkumham Babel melaksanakan penyuluhan hukum hari ini merupakan bentuk pembinaan kepada Kelurahan Binaan Sadar Hukum dan pendampingan pendaftaran PJA tahun 2024 untuk mendorong peningkatan jumlah pendaftar di Provinsi Kepulauan Babel," ujar Ariyanto.

Susanto selaku Lurah Toboali menyampaikan apresiasi kepada Kanwil Kemenkumham Babel atas kegiatan yang dilakukan.

"Ucapan terima kasih kepada Kanwil Kemenkumham Babel atas penyuluhan kali ini, mohon pencerahan hukum kepada para peseta penyuluhan Kelurahan Toboali," Ujar Susanto.

Selain itu, Susanto juga menyampaikan kesediaan untuk ikut mendaftar dan berpartisipasi dalam PJA tahun 2024 ini.

"Saya akan mendaftar PJA tahun 2024 dan akan melengkapi semua persyaratan yang diperlukan," tegas Susanto.

Sekadar informasi, pada Paralegal Justice Award (PJA) tahun 2024 terdapat tahapan seleksi yang terdiri dari Pendaftaran, Pembekalan Pra-PJA, Seleksi Daerah, Seleksi Provinsi, Seleksi Nasional, dan Paralegal Academy. Kemudian terdapat 4 kategori penghargaan, yakni Top 10 Favourite melalui Vote, Top 10 Nilai Terbaik, Anugerah PJA serta Penghargaan Non Litigation Peacemaker atau Anubhawa Sasana Jagaddhita.

Adapun pendaftaran dan seleksi Paralegal Justice Award 2024 dilakukan melalui Laman Website PJA ( pja.bphn.go.id ) dan pendaftaran akan ditutup pada 31 Januari 2024.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI