Kadivmin Babel Dampingi Audiensi DPRD Babel ke Kemenkumham, Pelajari Kiat Sukses Jadi K/L Terbaik dalam ITKP

WhatsApp Image 2024 01 30 at 22.13.49

Jakarta – Perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), didampingi Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bangka Belitung melakukan audiensi ke Kemenkumham. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel, Muslim Alibar turut mendampingi rombongan DPRD Babel ke Kemenkumham.

Kehadiran perwakilan DPRD Babel ke Kemenkumham bukan tanpa alasan, melainkan ingin mengetahui kiat-kiat yang telah dilakukan oleh Kemenkumham, sehingga mendapatkan penghargaan dalam Anugerah Pengadaan Tahun 2023.

Anugerah yang diselenggarakan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut, Kemenkumham menjadi Kementerian/ Lembaga (K/L) terbaik ke I dalam penilaian Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) dengan nilai 95,77 (sangat baik).

Perwakilan DPRD Babel, yang dipimpin oleh Ketua Komisi II, Agung Setiawan, menyampaikan bahwa pihaknya ingin mengetahui langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan Kemenkumham sehingga berhasil menjadi yang terbaik dalam ITKP.

“Pencapaian Kemenkumham dalam tata kelola pengadaan barang/ jasa sangat luar biasa,” ujar Agung di ruang rapat Gedung Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkumham, Jakarta, Selasa (30/01/2024).

Menurut Kepala Biro Barang Milik Negara dan Pengadaan Barang dan Jasa (Karo BMN, dan PBJ) Novita Ilmaris, kunci dari keberhasilan Kemenkumham adalah memaksimalkan peran Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ).

“UKPBJ harus proaktif. Dokumen-dokumen harus dapat dipenuhi,” ucap Novi.

Kadivmin Kanwil Kemenkumham Babel, membenarkan bahwa Karo BMN dan PBJ sangat pro aktif menanyakan berbagai laporan yang harus dipenuhi terkait pengadaan barang/jasa.

“Tidak jarang Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel dihubungi langsung. Sehingga kami juga selalu diingatkan oleh Kakanwil untuk melengkapi dokumen/ laporan pengadaan barang/jasa,” tutur Muslim.

Lebih lanjut Karo BMN dan PBJ menjelaskan, Kemenkumham juga memanfaatkan secara maksimal sistem pengadaan yang ada. UKPBJ harus dapat mengawasi dan mengendalikan setiap proses pengadaan barang/ jasa.

“Untuk itu dibutuhkan data yang akurat. UKPBJ harus bisa menarik semua data, dan tahu kapan waktu penarikan,” kata Novi.

Kemudian, dibutuhkan juga peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Pejabat Pengadaan Barang/Jasa (PPBJ).

“Kita butuh realisasi, tidak hanya komitmen,” tandas Novi.

Senada dengan Karo BMN dan PBJ, Kepala Bagian Pengadaan Barang/ Jasa Hestu Purwestri, juga menekankan pentingnya UKPBJ yang pro aktif. UKPBJ harus dapat memaksimalkan potensi dari seluruh PPBJ, baik pusat maupun wilayah.

“UKPBJ harus menjadi Super Tim,” tutur Hestu.

Dalam audiensi antara Kemenkumham dan DPRD Babel kali ini, turut hadir mendampingi Anggota DPRD Babel Ferdiansyah dan Mansah, perwakilan dari Humas DPRD Babel Utari Nurhayati, dan perwakilan dari Biro Pengadaan Pemprov Babel Oktavianus.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2024 01 30 at 22.13.49 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI