KADIVMIN PIMPIN MONITORING DAN EVALUASI TENTANG PROGRAM, DAN PELAPORAN, HUMAS, RB DAN TI DI LAPAS KELAS IIB SUNGAILIAT DAN BAPAS KELAS II PANGKALPINANG

Monitoring dan Evaluasi bertempat Ruang Kepala LAPAS Kelas IIB Sungailiat , Selasa (14/2/23) Dibuka oleh Kepala LAPAS Kelas IIB Sungailiat, Zullaeni. Kemudian Kepala Divisi Administrasi, Muslim Alibar menyampaikan arahannya kepada Ka LAPAS Kelas IIB Sungailiat dan jajarannya bahwa maksud kedatangan Tim Monitoring dan Evaluasi Divisi Administrasi kali ini adalah untuk melaksanakan monev tentang pelaksanaan tugas dan fungsi fasilitatif di bidang program dan pelaporan juga hubungan masyarakat, reformasi birokrasi dan teknologi informasi.

WhatsApp Image 2023 02 14 at 16.14.072

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Kepala Divisi Administrasi  tentang monitoring program dan pelaporan yaitu :

  • Monitoring LKJIP, penyusunan LKJIP tujuannya untuk memberikan informasi kinerja yang terukur dan meningkatkan kinerja instansi Pemerintah, LKJIP sudah ada format terbaru, LAPAS Kelas IIB Sungailiat sendiri belum menggunakanan format terbaru untuk penyusunan LKJIP.
  • Terkait penyerapan anggaran, berdasarkan hasi rekap dirbursement plan, untuk triwulan I LAPAS Sungailiat 23,63%, segera lakukan percepatan penyerapan anggaran agar dapat tercapai penyerapan anggaran sesuai dirbursement plan. Kemudian Lapas Sungailiat agar dapat melakukan revisi anggaran untuk jamuan tamu sesuai arahan Kakanwi. Selain itu jika memungkinkan mempertahankan nilai IKPA 100.
  • Untuk Aplikasi E-Performance, LAPAS Sungailiat belum menentukan target capaiannya. agar dapat segera diperbaiki pelaksanaannya.
  • Untuk kedepannya pelaksanaan 3 hal ini dapat dikoordinasikan dengan Kasubag. Program dan Pelaporan untuk penyelesaiannya.

Kemudian Kepala Divisi Administrasi, Muslim Alibar juga menyampaikan sebagai berikut :

  • Perbaiki layanan yang ada di LAPAS Kelas IIB Sungailiat.
  • Bentuk Tim Pokja, berikan tugasnya apa saja, tentukan apa saja inovasi Pelayanan yang akan dibuat.
  • Dipetakan layanan apa saja yang ada, diperbaiki dari segi waktu , apa sudah efisien, efektif, cepat, dan tidak berbelit-belit.
  • Dibuat terobosan agar Pelayanan yang ada di LAPAS Sungailiat berubah menjadi lebih baik.
  • Adakan rapat Tim Pokja kecil lalu Rapat Tim WBK untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan ZI yang sedang dilaksanakan.

Untuk Monitoring dan Evaluasi Tusi Humas, RB dan TI, arahan Kadivmin sbb :

  • Untuk pemenuhan data dukung WBK pada Triwulan I 2023 paling lambat dilaksanakan sebelum pertengahan Maret 2023 agar dipersiapkan pemenuhan daduk LKE WBBM, RKT RB, dan Pelaporan RB untuk diinput melalui erb.kemenkumham.go.id
  • Untuk Twitter, draft postingannya dari berita dapat dibuat sendiri kemudian diposting langsung ke twitter, tidak harus melalui persetujuan Kakanwil.
  • Rating twitter Kanwil Kumham Babel terus menurun, dihimbau kepada seluruh satker agar meningkatkan kembali posting Twitter, juga like, tweet/ retweet setiap hari semua postingan Twitter Kumham_Babel, Untuk pelaksanaannya akan dimonitor langsung oleh Kakanwil.
  • Agar seluruh Unit Pelaksana Teknis melaksanakan target kinerja Divisi Administrasi poin 6. Yaitu Optimalisasi pemanfaaatan aplikasi khusus unit utama di wilayah, dengan mengirimkan paling lambat pertengahan maret yaitu laporan inventarisasi dan identifikasi aplikasi khusus unit utama yang dapat digunakan di satker dan kanwil sesuai bidang tugas masing- masing.
  • Agar seluruh Unit Pelaksana Teknis melaksanakan target kinerja Divisi Administrasi poin 7. Yaitu penyajian informasi kinerja dan pemberitaan positif yang cepat, tepat, akurat dan akuntabel, dengan mengirimkan paling pertengahan maret sbb :

            a. Daftar akun satker yang terintegrasi dengan SIPP Kementerian Hukum dan HAM

            b. Laporan bulanan pelaksanaan grorifikasi informasi kinerja dan pemberitaan yang positif.

  • Untuk pelaporan SPIP Triwulan I Tahun 2023 seluruh satuan kerja harap sudah mengirimkan dan menyelesaikan paling lambat tanggal pertengahan Maret 2023.
  • Hal-hal yang harus dipersiapkan Satker untuk menghadapi Evaluasi Tim Penilai Internal (TPI):
  • Memastikan tindak lanjut hasil pengawasan dari APIP/BPK telah selesai 100%.
  • Memastikan hasil evaluasi penerapan SAKIP minimal “B” untuk menuju WBK dan minimal “BB” untuk Menuju WBBM.
  • Memastikan tingkat kepatuhan penyampaian LHKPN dan LHKASN.
  • Komitmen dan pemahaman pimpinan serta pegawai terkait pembangunan ZI.
  • Inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh unit kerja/satuan kerja.
  • Menentukan penilaian dari hasil survei yang didapat.

Kepala LAPAS Kelas IIB Sungailiat menyampaikan bahwa Tim LAPAS Kelas IIB Sungailiat akan mempersiapkan pembangunan ZI di LAPAS Sungailiat dan memberian penguatan ke jajaran LAPAS Kelas IIB Sungailiat sehingga apa yang kita harapkan bisa tercapai. Kemudian Kasubag. Program dan Pelaporan menyampaikan bahwa pada tanggal 21-23 Februari, Kanwil akan mengadakan Bimtek dan pendampingan SPIP dan MR, agar LAPAS Sungailiat mengirimkan nama 2 (dua) orang peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sementara untuk format LKJIP menunggu sosialisai dari pusat, setelah itu baru akan diinfokan ke keseluruh Satker.

Kabag. Program dan HUMAS, Triandini Oscar menambahkan bahwa untuk Daduk ERB agar dipersiapkan. Harap menggunakan data dan foto terbaru, bukan foto/ data tahun kemarin. Satker yang diusulkan untuk WBK WBBM terbatas. Untuk batas penguploadan Daduk jangan lewat dari waktu yang ditentukan, karena portal ERB tidak bisa dibuka kembali jika sudah ditutup. Kasubag. HUMAS, RB, TI juga menambahkan untuk pemantauan info aktual media yang dievaluasi Kakanwil 2 hari sekali, agar LAPAS Kelas IIB Sungailiat dapat meningkatkan jumlah tweet/retweet postingan rilis yang ada di twitter kumham_babel, karena peringkatnya mengalami penurunan. Untuk daduk komponen hasil LAPAS Sungailiat pada aplikasi ERB harap dilengkapi karena masih kosong di B09 dan B12. Dan untuk Inovasi dalam hal Pelayanan Publik yang ada di LAPAS Sungailiat agar di siapkan untuk menghadapi evaluasi WBK pertengahan 2023 mendatang.

Setelah arahan Kepala Divisi Administrasi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan melihat area Pelayanan yang ada di LAPAS Kelas IIB Sungailiat.

 

FOTO MONEV DI LAPAS KELAS IIB SUNGAILIAT

WhatsApp Image 2023 02 14 at 16.14.072656

WhatsApp Image 2023 02 14 at 16.14.072656

WhatsApp Image 2023 02 14 at 16.14.072656

WhatsApp Image 2023 02 14 at 16.14.072656

WhatsApp Image 2023 02 14 at 16.14.072656

Setelah itu monitoring dan evaluasi dilanjutkan ke Bapas Pangkalpinang. 

1. Kepala Divisi Administrasi, Muslim Alibar  menyampaikan mengenai LKJIP, mengenai perubahan tahun 2022 sesuai dengan format baru dan akan didampingi Kantor Wilayah dalam pengisian.

2. Terkait penyerapan anggaran, IKPA harus 100 dan bukan tidak mungkin jika dikerjakan, akhir februari nanti akan ada pembekalan dari DJPB terkait penyerapaan anggaran.

3. Untuk target Balai Pemasyarakatan dengan  persentase 26 % untuk triwulan 1 dalam penyerapan anggaran agar sesegera mungkin ditindaklanjuti.

4.  Terkait aplikasi E- performance, adapun perjanjian kinerja untuk kita sama-sama melaksanakan perjanjian kinerja, terwujudnya komitmen atas kinerja terukur untuk meningkatkan integritas, akuntabiltas dan sebagai penilai keberhasilan suatu instansi

  • Humas RB dan TI, untuk dilakukan pemenuhan data dukung WBK, SKP sudah ada , tim pokja sudah ada silakan berikan arahan, kerja dan tentukan inovasi yg diunggulkan serta silakan untuk di munculkan inovasi – inovasi tersebut.

2.  Untuk pemenuhan data dukung WBK pada Triwulan I 2023 paling lambat dilaksanakan sebelum pertengahan Maret 2023 agar dipersiapkan pemenuhan daduk LKE WBBM, RKT RB, dan Pelaporan RB untuk diinput melalui erb.kemenkumham.go.id

3. Dalam pengelolaan media sosial, untuk dapat ditingkatkan lagi dan untuk twitter silakan di posting langsung tanpa menunggu persetujuan kakanwil,serta dihimbau untuk retweet, like di media sosial kumham babel dan akan dimonitoring langsung oleh kakanwil

4. Agar seluruh UPT melaksanakan target kinerja divmin poin 6, optimalisasi aplikasi khusus unit utama yg dpt digunakan di kanwil dan satker dan laporan inventarisasi dan identifikasi aplikasi khusus unit utama yang dapat digunakan di satker dan kanwil sesuai bidang tugas masing- masing.

5. Agar seluruh UPT melaksanakan target kinerja divmin poin 7, Yaitu penyajian informasi kinerja dan pemberitaan positif yang cepat, tepat, akurat dan akuntabel, dengan mengirimkan paling pertengahan maret

6. Hal-hal yg perlu di siapkan oleh satker dalam menghadapi tim penilai internal (TPI), memastikan tindak lanjut dari APIP/BPK telah 100%, memastikan kepatuhan laporan LKHASN dengan baik, Dan Pemberian komitmen serta pemahaman kepada pegawai terkait pembangunan ZI.

Selanjutnya tambahan dari Kepala Bagian Program dan Humas, N.A. Triandini Oscar

1. Akan dilakukan pendampingan manajemen resiko dan SPIP yang akan dilaksanan kedepannya

2. Target Kinerja adalah dari unit eselon 1 ke kakanwil, dan dilanjtukan kepada Kadiv, dan selanjtunya ke UPT,agar untuk dapat membantu Ka. UPT sehungga dapat mencapai WBK dan WBBM

3. Keberhasilan suatu institusi itu karena kinerja seluruh anggota, untuk itu etika dalam berprilaku, etos kerja dan semangat harus diperhatikan dan ditingkatkan lagi.

   

FOTO MONEV DI BAPAS KELAS II PANGKALPINANG

WhatsApp Image 2023 02 14 at 16.41.5944444

WhatsApp Image 2023 02 14 at 16.41.5944444

WhatsApp Image 2023 02 14 at 16.41.5944444

WhatsApp Image 2023 02 14 at 16.41.5944444

 

(HumasKanwilBabel)

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI