Kakanwil Kemenkumham Babel Serahkan Penghargaan KKP HAM Kepada Walikota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka

WhatsApp Image 2023 12 22 at 21.00.42 1

Pangkalpinang – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto serahkan penghargaan Kabupaten/ Kota Peduli HAM (KKP HAM) kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang dan Pemerintah Kabupaten Bangka di Kantor Walikota Pangkalpinang, Jumat (22/12).

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto mengucapkan selamat dan mengapresiasi Kota Pangkalpinang serta Kabupaten Bangka yang telah meraih predikat Kabupaten/ Kota Peduli HAM (KKP HAM).

“Tujuan KKP HAM untuk mewujudkan pemajuan HAM secara menyeluruh di Kabupaten/ Kota serta sebagai mekanisme pemantauan kepada pemerintah daerah dalam memenuhi kewajiban HAM-nya setiap tahun,” ujar Harun.

Disampaikan Harun, indikator yang dinilai didasarkan pada terpenuhinya Hak Sipil dan Politik serta Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya. Ada 10 Kriteria dan 120 indikator di dalamnya sebagaimana diatur dalam Permenkumham Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/ Kota Peduli HAM.

Kriteria tersebut yakni, Hak atas Bantuan Hukum, Hak atas Informasi, Hak Turut Serta dalam Pemerintahan, Hak atas Keberagaman dan Plurarisme, serta Hak atas Kependudukan. Selanjutnya Hak atas Kesehatan, Pendidikan, Pekerjaan, Hak atas Lingkungan yang Baik dan Sehat serta Hak atas Perumahan yang Layak, dan Hak Perempuan dan Anak.

Harun mengatakan, Indonesia kembali terpilih menjadi anggota Dewan HAM PBB Periode 2024-2026. Hal tersebut menunjukkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia dalam rangka Penghormatan, Perlindungan, dan Pemenuhan HAM.

Indonesia juga telah berhasil menyusun Indonesian Human Rights Index atau Indeks HAM Indonesia (IHAMI) yang bertujuan sebagai alat untuk mengukur fenomena pelaksanaan dan penerapan norma-norma HAM di Indonesia.

“Pemerintah juga berkomitmen kuat mewujudkan Pemilu Ramah HAM (Human Rights Friendly Election), yaitu dengan memperhatikan hak dari kelompok rentan dalam pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024,” ucap Harun.

Staff Ahli Pj. Bupati Bangka, Boy Yandra mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Kanwil Kemenkumham Babel, sehingga Kabupaten Bangka dapat meraih penghargaan KKP HAM.

“Penghargaan ini bukti kerja keras semua pihak dan menjadi kebanggan bagi pemerintah dan masyarakat Bangka. Pemkab Bangka akan terus berkomitmen meningkatkan prestasi yang sudah diraih, dan memastikan setiap masyarakat merasakan keadilan kebebasan dan martabat yang utuh,” ujar Boy.

Pj. Walikota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan menuturkan, jika di Kota Pangkalpinang sudah jarang ditemui kasus terkait HAM, dikarenakan tradisi masyarakat di Kota Pangkalpinang sangat mengedepankan prinsip kesetaraan.

“Terima kasih kepada Kanwil Kemenkumham Babel dan jajaran yang mendukung dalam mewujudkan kota Pangkalpinang sebagai kota peduli HAM. Semoga dengan sinergi yang baik, predikat ini dapat terus kita pertahankan,” kata Lusje.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Fajar Sulaeman Taman), Kepala Bidang HAM (Suherman), beserta pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang dan Pemerintah Kabupaten Bangka.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2023 12 22 at 21.00.42 1

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI