Kakanwil Kemenkumham Babel Serahkan Surat Pencatatan KIK 'Memarong' ke Bupati Bangka

WhatsApp Image 2023 03 22 at 09.36.10

Belinyu - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto serahkan Surat Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) 'Memarong' kepada Bupati Bangka, Mulkan. Surat pencatatan tersebut diserahkan pada kegiatan Pembukaan Perdana Kampung Adat Gebong Memarong, di dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Belinyu Bangka, Selasa (21/3).

Kekayaan Intelektual Komunal yang dicatatkan merupakan Ekspresi Budaya Tradisional 'Memarong'. Kustodiannya yaitu Lembaga Adat Mapur.

Jenis Ekspresi Budaya Tradisionalnya yaitu Arsitektur dan Seni Rupa. Klasifikasinya terbuka, sakral, dan dipegang teguh. Wilayah/lokasinya di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Pelapornya adalah Ali Usman, dengan nomor pencatatan EBT19202300109.

Pembukaan perdana Kampung Adat Gebong Memarong ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali. Lalu pemasangan 4 tangga Memarong.

Pamong Budaya Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ali Usman mengatakan, pada Kampung Adat Gebong Memarong terdapat 7 bubung (atap).

Bubung tersebut terdiri dari Balai Adat Gebong Mamarong, berukuran 9x9 yang semua bahannya alami, dan dikerjakan langsung oleh masyarakat Dusun Air Abik.

Lalu 1 bubung Galeri yang berisi kerajinan khas buatan masyarakat Mapur. Serta 5 bubung untuk tempat menginap wisatawan.

"Tempat menginap tersebut akan disewakan bagi wisatawan yang ingin berinteraksi dan mengetahui kehidupan masyarakat Desa adat Mapur," ujar Ali.

Bupati Bangka, Mulkan menyampaikan bahwa budaya dan adat yang dimiliki di Dusun Air Abik harus dilestarikan dan dijaga. Jangan sampai budaya tersebut tidak dirawat dan dipelihara, sehingga diklaim oleh pihak lain.

Menurut Bupati Mulkan, semenjak Pak Harun jadi Kakanwil Kemenkumham Babel, beliau sangat gencar mendorong Pemerintah Daerah untuk melindungi budaya dengan mendaftarkan Kekayaan Intelektual Komunal, supaya budaya tersebut dapat terlindungi oleh hukum dan tidak diakui pihak lain.

“Saat ini, makanan 'Martabak Bangka' sedang dalam proses pendaftaran,” kata Bupati Mulkan.

Pj. Gubernur yang diwakili oleh Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Setda Babel, Yunan Helmy menyampaikan bahwa perlu adanya sinergi dan kerja sama dari semua pihak untuk melestarikan kebudayaan daerah.

"Diharapkan budaya masyarakat Mapur dapat menjadi budaya lokal yang me-nasional bahkan mendunia," ucap Yunan.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto mengatkan bahwa pihaknya akan selalu mendorong Pemerintah Daerah untuk mendaftarkan kekayaan Intelektual Komunal. Baik Pengetahuan Tradisional, Ekspresi Budaya Tradisional, Indikasi Geografis, maupun Sumber Daya Genetik. Sehingga ada perlindungan hukum dan menambah nilai ekonomisnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Direktur Sumber Daya Manusia PT. Timah, Yennita, Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Kemendikbud, Sjamsul Hadi, Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral KemenESDM, Ediar Usman, Ketua Adat Mapur, Abok Gedoy, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Bangka Belitung dan Kabupaten Bangka, Camat Belinyu, serta para Kades dan penggiat budaya.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2023 03 22 at 09.36.10

WhatsApp Image 2023 03 22 at 09.36.10

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI