Kanwil Kemenkumham Babel Ikuti Penyampaian Juknis Evaluasi dan Pemantauan Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM

WhatsApp Image 2023 02 20 at 17.09.48

Pangkalpinang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung ikuti kegiatan Penyampaian Petunjuk Teknis Tata Cara Pelaksanaan Evaluasi dan Pemantauan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Satuan Kerja di Lingkungan Kemenkumham oleh Inspektorat Jenderal, secara virtual dari Ruang Rapat Lantai 2, Senin (20/2).

Membuka kegiatan, Inspektur Jenderal Razilu, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menciptakan kesamaan pemahaman dan kelancaran pelaksanaan evaluasi dan pemantauan pembangunan Zona Integritas pada satuan kerja di Kemenkumham.

Razilu mengatakan bahwa Grand Design RB Nasional bertujuan untuk mewujudkan World Class Government, yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel, dan pelayanan publik yang prima.

Zona Integritas pada hakikatnya merupakan miniatur dari penerapan RB di tingkat instansi pemerintah, untuk mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas

“Untuk Kepala Satuan Kerja, jaga komitmen, semangat dan tingkatkan progres pembangunan ZI. Jangan lupa terapkan strategi efektif untuk menunjang keberhasilan meraih WBK/WBBM,” pesan Razilu.

Razilu juga menyampaikan beberapa catatan penting Kemenpan-RB terhadap pembangunan ZI di satuan kerja, yaitu manajemen risiko yang disajikan belum memitigasi setiap potensi terjadinya pelanggaran integritas, paparan inovasi yang disajikan satuan kerja belum berdasarkan manajemen risiko yang ditetapkan dan belum menunjukan dampak dari inovasi tersebut.

Selain itu, perlu penguatan yang lebih “advance” terkait SAKIP, dan belum terlihatnya komitmen jajaran dan pemahaman yang utuh terhadap 6 area perubahan. Lalu paparan ZI dan kelengkapan data dukung LKE belum relevan dan cukup, serta pengelolaan survei yang belum berorientasi pada “searching for excellence”.

Pengelolaan pengaduan, pengintegrasian aplikasi berbasis IT, peningkatan pembinaan oleh Kanwil, serta progres perubahan dari WBK ke WBBM yang belum signifikan juga menjadi catatan penting yang harus diperhatikan oleh satuan kerja.

Inspektur Wilayah 6 sekaligus Koordinator WBK/WBBM Luluk Ratnaningtyas, menyampaikan 4 ekspektasi Presiden tentang Reformasi Birokrasi. “Pertama, birokrasi yang berdaya saing. Kedua, birokrasi yang menciptakan hasil. Ketiga, birokrasi yang lincah dan agile (cepat dan beradaptasi dengan teknologi). Serta keempat, birokrasi yang making delivered (menjamin bahwa manfaat cepat dirasakan masyarakat),” ujar Luluk.

Disampaikan juga, bahwa dalam melakukan Pembangunan Zona Integritas ada beberapa mekanisme yang dilakukan, yaitu pencanangan ZI, penetapan satuan kerja, pembangunan unit kerja, serta pemantauan ZI.

Luluk juga menjelaskan apa saja yang harus dihindari dalam pembangunan ZI, seperti orientasi kepada reward, pembangunan secara instant, kurang melibatkan stakeholder, mindset dokumentasi (hanya sebagai pemenuhan dokumentatif dan administratif), super man (hanya melibatkan beberapa individu/pokja), serta inovasi yang tidak berdasarkan kepada kebutuhan/masalah.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2023 02 20 at 17.09.48

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI