Kanwil Kemenkumham Babel Ikuti Rapat Evaluasi Pelaksanaan Indeks Reformasi Hukum pada Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah

WhatsApp Image 2023 11 08 at 10.24.27

Jakarta - Dalam rangka menyukseskan penilaian Indeks Reformasi Hukum (IRH) Tahun 2024, Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM menyelenggarakan Rapat Evaluasi yang diikuti oleh Koordinator dan Ketua Tim Indeks Reformasi Kantor Wilayah, Rabu (8/11).

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung dalam kegiatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Hak Asasi Manusia, Suherman dan Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Madya, Muhamad Iqbal.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM, Y Ambeg Paramarta, yang menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden, reformasi hukum sebagai bagian dari reformasi birokrasi harus difokuskan pada birokrasi yang berdampak, reformasi yang bukan sekedar tumpukan kertas dan birokrasi yang lincah dan cepat.

Tingkat keikutsertaan Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam Indeks Reformasi Hukum pada tahun 2023 mengalami peningkatan, dengan diikuti oleh 633 instansi.

Menurut Ambeg, salah satu hal yang ditekankan dalam pelaksanaan Reformasi Hukum di daerah yaitu koordinasi yang intensif dan penguatan eksistensi Kantor Wilayah di daerah melalui pembentukan produk hukum daerah, analisis dan evaluasi produk hukum daerah, dan jaringan dokumentasi dan informasi hukum.

Selain itu, Kantor Wilayah sebagai perpanjangan tangan Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum harus berperan aktif dalam mendorong Pemerintah Daerah untuk mewujudkan reformasi hukum melalui pembentukan hukum yang sesuai dengan mekanisme sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Dalam rapat evaluasi, dibahas beberapa hal untuk perbaikan penilaian pada tahun 2024 yaitu yang berkaitan dengan variabel dan indikator penilaian diusulkan penambahan indikator HAM, perencanaan hukum dan pembangunan budaya hukum, perbaikan aplikasi Indeks Reformasi Hukum dan pemenuhan variabel penilaian oleh Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah serta peran Kantor Wilayah dalam penilaian Indeks Reformasi Hukum oleh Pemerintah Daerah.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2023 11 08 at 10.24.27

WhatsApp Image 2023 11 08 at 10.24.27 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI