Kemenkumham Babel Dorong Pendaftaran Indikasi Geografis Madu Pelawan

WhatsApp Image 2024 02 02 at 08.15.34 1

Bangka Tengah - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah terkait Potensi Indikasi Geografis Madu Pelawan, Kamis (01/02/2024).

Koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Fajar Sulaeman Taman), Kepala Bidang Pelayanan Hukum (Adi Riyanto), Kepala Subbidang Kekayaan Intelektual (Marsal Saputra) beserta staf.

Dalam kesempatan ini, ada beberapa instansi yang dikunjungi, diantaranya Kantor Desa Namang, Bappeda Bangka Tengah, Dinas Lingkungan Hidup Bangka Tengah, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Bangka Tengah dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahrga Bangka Tengah.

Dalam kunjungan ke Bappeda, tim Kanwil Kemenkumham Babel disambut baik oleh Kepala Bappeda, Joko Triadhi. Joko menyampaikan bahwa Bappeda siap mengundang OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait untuk dapat rapat bersama membahas Potensi Indikasi Geografis Madu Pelawan yang tahun ini diupayakan agar dapat terdaftar menjadi Indikasi Geografis dari Kabupaten Bangka Tengah.

"Terkait anggaran fasilitasi pendaftaran Kekayaan Intelektual akan dibicarakan lebih lanjut dengan Bupati Bangka Tengah dan akan diadakan rapat internal. Kita akan tetap berupaya mendukung terdaftarnya Indikasi Geografis Madu Pelawan demi mengangkat nama Bangka Tengah," ujar Joko.

Pelopor dari Madu Pelawan ini adalah Kepala Desa Namang, Zaiwan. Dalam kunjungan ke Kantor Desa Namang, Zaiwan selaku Ketua dari Kelompok Petani Madu Pelawan menjelaskan bahwa lokasi Madu Pelawan yang diambil mencakup seluruh Kabupaten di Pulau Bangka. Namun lahan yang bersertifikat hanya sekitar 47 Hektar yang dijadikan lahan promosi bagi wisatawan yang ingin melihat langsung proses pengambilan madu. Untuk kandungan dari Madu Pelawan sendiri akan diteliti lebih lanjut dengan Madu Pelawan yang dihasilkan dari Pulau Belitung, sehingga kedepan dapat dipetakan lagi terkait wilayah persebaran Madu Pelawan.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fajar menyampaikan target untuk pembuatan deskripsi dari Madu Pelawan ini dapat diselesaikan di bulan Februari dengan bekerja sama lintas instansi dalam memenuhi data dukung yang diperlukan, baik itu sejarah perkembangan Madu Pelawan, anggaran, uji laboratorium, peta lokasi serta pembentukan kelompok MPIG yang akan diketuai oleh Zaiwan.

Dengan dukungan penuh dari Pemerintah Bangka Tengah, dalam hal ini instansi terkait seperti Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahrga dalam membuat deskripsi terkait sejarah perkembangan Madu Pelawan, Dinas Lingkungan Hidup terkait Pemetaan Wilayah dan DisperindagKop terkait pemasaran ke Luar Daerah/ Luar Negeri, Fajar optimis bahwa Madu Pelawan Namang tahun ini dapat didaftarkan sebagai Indikasi Geografis dari Kabupaten Bangka Tengah.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

 WhatsApp Image 2024 02 02 at 08.15.34 1

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI