Kemenkumham Babel Ikuti Penutupan Pra Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

WhatsApp Image 2024 03 09 at 14.30.54

Jakarta - Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Muslim Alibar hadiri penutupan Pra Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2023, di Hotel JS Luwansa – Jakarta, Jumat (08/03/2024). 

Menutup kegiatan, Plh Sekretaris Inspektorat Jenderal, Lilik Sujandi menyampaikan, Nilai SAKIP menjadi elemen dari pada penilaian tata kelola reformasi birokrasi, ada 24 elemen yang harus dirawat dengan baik, dimana SAKIP juga menjadi elemen yang sangat utama. Ia menuturkan, pada saat melakukan upaya meningkatkan tunjangan kinerja, kita diminta untuk meningkatkan inovasi dan akuntabilitas.

"SAKIP yang merupakan pengintegrasian dari pada sistem perencanaan, penyelenggaraan anggaran, dan pengukuran kinerja tentu harus dikelola dengan baik, karena akan menyumbangkan penilaian reformasi birokrasi yang sangat optimal karena persentasenya sangat tinggi," ujar Lilik.

Lilik juga menghimbau kepada para Kepala Divisi yang hadir untuk melakukan sosialisasi kepada rekan-rekan di Satuan Kerja dan memastikan bahwa Satuan Kerja bisa mengoptimalkan data dukung, baik secara kualitatif maupun substantifnya.

"Kemampuan teman-teman verifikator yang ada di Kantor Wilayah maupun Satuan Kerja harus menunjukkan kemampuan yang baik, karena penilaian berjenjang yang kita lakukan pada penilaian SAKIP itu sangat disumbangkan oleh kualitas teman-teman verifikator," lanjutnya.

Disampaikan Lilik, tidak kalah penting juga yaitu bagaimana Kantor Wilayah memiliki peran terkait dengan kontribusi menyumbangkan nilai SAKIP yang optimal. Karena jika secara kualitas data dukung ditentukan pada saat ada Kantor Wilayah yang nilainya turun, maka secara kualitatif akan menurunkan nilai Kementerian.

"Harapannya kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk semangat meningkatkan SAKIP. Sehingga dalam evaluasi di bulan April nanti dapat meyakinkan para pimpinan bahwa kita bisa meningkatkan kategori BB menjadi kategori diatasnya," harap Lilik.

Pada kegiatan ini, dilakukan penandatanganan komitmen Kepala Divisi Administrasi dalam melaksanakan Pengendalian SAKIP di lingkungan Kantor Wilayah, sehingga dapat meningkatkan nilai SAKIP pada saat dilaksanakannya evaluasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Inspektur Wilayah V (Pria Wibawa), Kepala Divisi Administrasi Seluruh Kantor Wilayah, Auditor Madya Inspektorat Wilayah V (Titut Sulistyaningsih), Perwakilan Pejabat/ Pegawai dari Unit Eselon I dan Kantor Wilayah sejumlah 133 orang, Penyusun Program Anggaran dan Pelaporan Kanwil Babel (Andri Prabowo), serta Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Kanwil Babel (Bobbi S Indra).

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

 WhatsApp Image 2024 03 09 at 14.30.54

WhatsApp Image 2024 03 09 at 14.30.54

 

 


logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI