Kemenkumham Babel Ikuti Rapat Koordinasi Perumusan Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM

WhatsApp Image 2024 03 08 at 14.01.26 1

Jakarta – Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (Dirjen HAM), Dahana Putra membuka kegiatan Rapat Koordinasi Perumusan Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM di Hilton Garden Inn Taman Palem Jakarta Barat, Rabu (6/3/2024).

Dalam sambutannya, Dirjen HAM Dhahana menyampaikan pentingnya untuk segera dirampungkan Petunjuk Teknis dalam rangka Perumusan Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM, sebagai wujud pelaksanaan Permenkumham Nomor 23 Tahun 2022 tentang Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM.

"Dengan demikian maka dibutuhkan masukan yang baik dari para perwakilan Divisi Pelayanan Hukum dan HAM khususnya Bidang HAM sebagai pelaksana di wilayah serta para mediator sebagai solusi penyelesaian sengketa HAM. Juknis ini diharapkan menjadi langkah tepat dalam melaksanakan segala dugaan pelanggaran HAM di wilayah," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, aplikasi SIMASHAM 2.0 yang terbaru akan diluncurkan, sehingga memudahkan masyarakat untuk membuat pengaduan terkait tidak terpenuhinya HAM di masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber, yaitu Kantor ATR/BPN yang diwakili Hasan selaku Direktur Penanganan Sengketa Pertanahan dengan materi “Penanganan dan Penyelesaian Kasus Petanahan”. Lalu Koordinator Bidang PPHI, Wiwik pada Perusahaan BUMN/D dari Kemenaker dengan materi "Upaya Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial dalam Rangka Pemenuhan Hak Ketenagakerjaan".

Kemudian materi terkait "Pengawasan dan Penyidikan Demi Kepastian Hukum dan Rasa Keadilan" oleh Kompol I Wayan Jiartana selaku Pengawas Penyidikan Kepolisian Madya TK.111. Materi terakhir disampaikan oleh Syihabudin dari Pusdiklat Mahkamah Agung RI dengan materi "Upaya Perdamaian Melalui Mediasi dalam Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM".

Pada hari ke dua, kegiatan dilanjutkan diskusi panel dengan pihak Komnas HAM terkait kewenangan dalam penanganan Hak Asasi Manusia dan bimbingan teknis aplikasi SIMASHAM 2.0.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung mengirim satu perwakilan untuk mengikuti kegiatan tersebut, yaitu Kepala Subbidang Pemajuan HAM sekaligus Mediator, Yulizar.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2024 03 08 at 14.01.26 1WhatsApp Image 2024 03 08 at 14.01.26 1

 

 


logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI