Kemenkumham Babel Ikuti Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik

WhatsApp Image 2024 01 24 at 17.48.46

Pangkalpinang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung ikuti Sosialsiasi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Kemenkumham Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal secara virtual, dari Ruang Rapat Kantor Wilayah, Rabu (24/01/2024).

Kepala Biro Perencanaan, Ida Asep Somara saat membuka kegiatan menyampaikan, tujuan dari Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) mandiri yaitu untuk memperluas Satuan Kerja yang akan dievaluasi agar tidak hanya terbatas pada Satker yang dievaluasi oleh Kementerian PANRB.

“Target PEKPPP Mandiri adalah seluruh ruang lingkup pelayanan publik sebagaimana diamanatkan UU 25/2009, yaitu pelayanan barang, jasa, dan administratif,” ujar Ida.

Disampaikan Ida, dengan dilakukannya PEKPPP secara mandiri, instansi dapat memperoleh gambaran lebih lengkap dari kinerja penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Kemenkumham secara menyeluruh.

“Dijadwalkan pada Februari-Juli, Biro Perencanaan akan melakukan supervisi dalam rangka penilaian mandiri PEKPPP pada satuan kerja Kemenkumham. Lalu pada Agustus- Desember akan dilakukan validasi hasil supervisi bersama Menpan,” ujarnya.

Analis Kebijakan dari Deputi Perumusan Sistem dan Strategi Kebijakan Kementerian PAN-RB, Fajar Kurniawan Firdaus mengatakan, Standar Pelayanan merupakan tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

“Tujuannya untuk memberikan kepastian, meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan selaras dengan kemampuan penyelenggara sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat,” ujar Fajar.

Fajar menuturkan jika transformasi digital pelayanan publik menjadi sebuah urgensi bagi pemerintah untuk menerapkan teknologi pada setiap tahapan layanan publik dalam rangka memudahkan masyarakat dalam menerima layanan publik.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Divisi Administrasi (Muslim Alibar), Kepala Bagian Program dan Humas (Sugeng Krisdwiyanto), Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian (Darori), Kepala Subbagian Program dan Pelaporan (Margaret Sari), jajaran Bagian Program dan Humas serta Bidang Pelayanan Hukum.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI