Kemenkumham Babel Lakukan Benchmarking Layanan Publik di Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan

WhatsApp Image 2024 06 12 at 14.53.00

Palembang - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung melakukan benchmarking layanan publik Administrasi Hukum Umum (AHU) dan Kekayaan Intelektual (KI) di Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan (12/06/2024).

Tim dipimpin oleh Kepala Bagian Hukum (Eko Saputro) dan disambut baik oleh Kepala Divisi Administrasi (Rahmi Widhiyanti), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Mulyadi), dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Ika Ahyani Kurniawati).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Bagian Hukum, Eko Saputro menyampaikan bahwa tahun ini Kanwil Kemenkumham Babel sedang melakukan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), maka perlu dilakukan benchmarking perbandingan untuk dapat meningkatkan kualitas layanan publik di kantor wilayah.

Disampaikan, bahwa Kanwil Kemenkumham Sumsel fokus pada digitalisasi pelayanan mengingat tidak semua masyarakat dapat menjangkau layanan secara langsung melalui inovasi SIKOK Sumsel, yaitu Sistem Informasi Kolektif Online Kemenkumham Sumsel yang menampung seluruh informasi layanan di Kemenkumham Sumsel menjadi satu pintu, yaitu melalui satu portal layanan terpadu secara online.

Portal SIKOK Sumsel membagi inovasi menjadi 3 (tiga) bagian, pertama adalah Layanan Pusat yang meliputi aplikasi given dari Kementerian Hukum dan HAM. Kedua adalah Layanan Kanwil Sumsel, yang memuat inovasi pelayanan publik yang ada di Kantor Wilayah, Satker Pemasyarakatan dan Imigrasi. Terakhir adalah Layanan Pengendalian Internal untuk Peningkatan Kinerja pegawai di lingkungan internal.

Selain itu, Kemenkumham Sumsel juga saat ini telah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Layanan Magang dan Penelitian (SIGAP Sumsel) sebagai inovasi unggulan. Dengan aplikasi ini nantinya para Mahasiswa dan Pelajar yang akan melaksanakan kegiatan magang dan penelitian tidak perlu datang langsung untuk mendaftar. Sebab semua administrasi permohonan, penyerahan laporan, dan pengambilan sertifikat sudah dapat dilakukan secara daring.

Benchmarking juga dilakukan pada sarana dan prasarana pelayanan publik seperti lobby pelayanan dan ruang publik lainnya.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2024 06 12 at 08.57.10

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI