Kemenkumham Babel Lakukan Pemantauan Persiapan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) di Lapas dan Kanim Tanjungpandan

WhatsApp Image 2024 03 22 at 12.52.23 1

Tanjungpandan – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung melalui Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) lakukan pemantauan persiapan Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjungpandan, Jumat (22/03/2024).

Tim yang dipimpin oleh Kepala Bidang HAM, Suherman didampingi Kepala Subbidang Pemajuan HAM Yulizar Akhmad Djaya dan staf bidang HAM, disambut hangat oleh Kepala Lapas Tanjungpandan Gowim Mahali, Kasi Binapigiatja Hardiansyah, Kasi Adm Kamtib Heri, Ka. KPLP M. Jawad Cirry dan beserta jajaran.

Mengawali pertemuan, Suherman menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan Tim Bidang HAM yaitu untuk melakukan pemantauan persiapan P2HAM yang sesuai dengan amanat Permenkumham Nomor 25 Tahun 2023 tentang P2HAM.

“Yaitu menjelaskan untuk mewujudkan pelayanan publik unit kerja yang berpedoman dalam prinsip HAM yang memberikan pelayanan publik yang tidak diskriminatif, cepat dan tepat sehingga memberi kepuasan pada layanan serta berkualitas,” ujar Suherman.

Pada kesempatan tersebut, Yulizar Akhmad Djaya mengatakan klasifikasi Lapas sesuai petunjuk pelaksanaan P2HAM bergabung dengan Rutan, LPKA dan Lapas. Sedangkan untuk Lapas Perempuan, Bapas dan Rupbasan itu tersendiri disesuaikan dengan klasifikasi masing masing.

“Kami akan mendata persiapan P2HAM di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan jika memang sudah ada untuk dipertahankan atau ditambah dengan inovasi-inovasi dengan teknologi informasi. Jika memang belum ada akan kami data dan kami akan bersurat kepada Kalapas terkait data dukung P2HAM yang masih kurang,” ucap Yulizar Akhmad Djaya.

Kegiatan dilanjutkan peninjauan fasilitas pelayanan publik. Setelah dilakukan pemantauan masih terdapat kekurangan, salah satunya belum ada layanan maklumat, guiding block yang belum sesuai dan ruang laktasi yang belum lengkap fasilitasnya.

Gowin menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kerja sama bidang HAM dalam pemantauan pemenuhan fasilitas dan pelayanan dalam pelaksanaan P2HAM di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

“Saat ini kami sedang berbenah untuk pemenuhan sarpras dan tempat layanan,” ujarnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemantauan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan. Pada kesempatan tersebut, tim Bidang HAM melihat langsung fasilitas P2HAM dan hasilnya hanya sebagian kecil saja yang belum ada yaitu spanduk layanan maklumat dan layanan pengaduan.

WhatsApp Image 2024 03 22 at 12.52.23 1

WhatsApp Image 2024 03 22 at 12.52.23 1 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI