Kemenkumham Babel Sampaikan Pentingnya Pendaftaran Kekayaan Intelektual Bagi UMKM

WhatsApp Image 2023 10 26 at 15.39.13 1

Pangkalpinang - Bertempat di Hotel Bangka City, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung (Adi Riyanto) menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Penguatan Kelembagaan Usaha Bagi Sumber Daya Manusia Pembina UMKM, Rabu (25/10).

Kegiatan Bimbingan Teknis diikuti oleh para Tenaga Penyuluh UMKM Kabupaten/ Kota dan Pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Babel. Materi yang disampaikan oleh Adi Riyanto adalah Kebijakan Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual bagi UMKM.

Dalam penyampaian materinya, Adi mengatakan jika Pembina UMKM harus dapat mengedukasi dan meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM untuk melindungi hasil produknya sejak awal. Kekayaan Intelektual memberikan nilai manfaat secara ekonomi bagi para pemilik kekayaan intelektual.

"Kekayaan Intelektual harus memberikan manfaat kepada para pelaku UMKM, tidak malah menjadi masalah bagi pemiliknya. Dan wujud nyata dari melindungi kekayaan intelektual adalah dengan mendaftarkannya," ujar Adi.

Dikatakan Adi, apabila suatu bisnis dikaitkan dengan sistem perlindungan kekayaan intelektual, maka selesai transaksi bisnis masih ada hak yang dimiliki pemegang HaKI. Hak tersebut yaitu melarang pihak lain dengan tanpa izin melaksanakan hak seperti membuat, memperbanyak, menjual, menyediakan terhadap barang atau jasa yang dilindungi kekayaan intelektual selama kurun waktu perlindungan.

Sebaliknya, bila tidak terlindungi kekayaan intelektual, maka setelah transaksi bisnis selesailah hak milik terhadap barang/ jasa yang dimilikinya.

Adi juga menghimbau seluruh peserta kegiatan yang merupakan pelaku UMKM untuk mendaftarkan kekayaan intelektualnya agar mendapatkan perlindungan hukum dan terhindar dari pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

 WhatsApp Image 2023 10 26 at 15.39.13 1

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI