Matangkan Persiapan Bimtek Penelusuran Paten dan Kegiatan Sosialisasi Kekayaan Intelektual Komunal dan Kriteria Kawasan Karya Cipta, Kanwil Kemenkumham Babel Konsultasi ke Direktorat Paten, DTLST dan Rahasia Dagang

WhatsApp Image 2023 05 10 at 19.52.42

Pangkalpinang - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung konsultasi ke Direktorat Paten, DTLST dan Rahasia Dagang. Konsultasi ini membahas terkait rencana kegiatan Bimbingan Teknis dengan Pendampingan Penelusuran Paten kepada Perguruan Tinggi / Brida (Badan Riset dan Inovasi Daerah) / Litbang terutama terhadap operator sentra HKI terkait pemanfaatan informasi paten.

Tim disambut oleh Bapak Drs. Slamet Riyadi, M.Si selaku Koordinator Permohonan dan Publikasi, Ibu Stephanie V.Y. Kano, S.H., M.H selaku Koordinator Klasifikasi dan Penelusuran Paten dan Bapak Rifan Fikri, S.T selaku Subkoordinator Pelayanan Teknis.

Dra. Eva Gantini, S.H., M.Si selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM berkoordinasi terkait rencana kegiatan Bimbingan Teknis dengan Pendampingan Penelusuran Paten kepada Perguruan Tinggi / Brida (Badan Riset dan Inovasi Daerah) / Litbang terutama terhadap operator sentra HKI terkait pemanfaatan informasi paten yang akan di laksanakan pada tanggal 22 Mei 2023 bertempat di Fox Harris Hotel Pangkalpinang.

Konsultasi ini menanyakan lebih lanjut, kira-kira arahan dari Direktorat Paten apa yang mesti kita siapkan yang mana untuk peserta nanti akan di undang dari Perguruan Tinggi yang mana antusiasme dari Perguruan Tinggi yang sangat tinggi terkait permohonan paten serta penelusuran yang mungkin banyak dari Perguruan Tinggi yang belum paham serta mungkin nanti ada peserta yang memang belum mengetahui apa itu paten.

Bapak Slamet Riyadi menyampaikan bahwa mereka sangat berterimakasih kepada Kanwil Babel telah merespon kegiatan tersebut yang mana kegiatan tsb memang salah satu target kinerja Kanwil. Untuk peserta diserahkan ke Kanwil Babel, dari Direktorat Paten nanti akan menyiapkan 2 (dua) orang Jabatan Fungsional untuk dijadikan narasumber yang mana narasumber tersebut di biayai dari Direktorat Paten. Narasumber nanti akan membawakan materi terkait paten secara umum serta materi mengenai penelurusan. Serta Direktorat nanti akan mengirimkan roundown kegiatan serta sambutan untuk acara pembukaan nanti.

Konsultasi dilanjutkan ke Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri, tim di sambut oleh Bapak Christ Andrey Imanuel Napitupulu, S.Sos., M.Si selaku Koordinator Sertifikasi dan Dokumentasi. Dra. Eva Gantini, S.H., M.Si selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM berkonsultasi terkait rencana kegiatan Sosialisasi Kekayaan Intelektual Komunal dan Kriteria Kawasan Karya Cipta yang akan di laksanakan pada tanggal 15 Mei 2023 bertempat di Hotel Santika Pangkalpinang.

Konsultasi ini menanyakan lebih lanjut, untuk penentuan narasumber dari Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri serta materi yang berhubungan dengan kawasan karya cipta, dikarenakan undangan untuk peserta nanti dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan seluruh Kabupaten dan Kota di Kepulauan Bangka Belitung, sehingga mereka setelah mengikuti kegiatan tersebut mereka bisa mengumpulkan data-data apa yang kira-kira bisa untuk dilakukan semacam persiapan pencanangan kawasan karya cipta tersebut dan kegiatan terkait Kekayaan Intektual Komunal sehingga diharapkan agar Pemerintah Daerah lebih giat lagi untuk mencatatkan kekayaan intelektual komunal di daerah masing-masing sehingga sudah di akui dan di catat secara legal oleh Negara serta untuk melindungi hak-hak masyakat adat agar tidak terjadi pemanfaatan KIK tanpa izin dan/atau pembagian keuntungan yang tidak adil bagi mereka.

Bapak Christ Andrey Imanuel Napitupulu menyampaikan bahwa nanti beliau akan berkoodinasi kembali ke Bapak Direkturnya terkait permohonan narasumber tersebut dan untuk materinya nanti akan di siapkan sesuai dengan kawasan karya cipta, sehingga dengan kegiatan ini para Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bisa melakukan persiapan pencanangan kawasan karya cipta sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Di akhir perbincangan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan terimakasih atas kerja samanya kepada Direktorat Paten, DTLST dan Rahasia Dagang dan Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri dan berharap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan.

 

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2023 05 10 at 19.52.42WhatsApp Image 2023 05 10 at 19.52.42WhatsApp Image 2023 05 10 at 19.52.42

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI