Optimalkan Pelaporan KKPHAM Kab. Bangka Selatan, Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Babel Lakukan Jemput Bola ke OPD Terkait

WhatsApp Image 2023 05 17 at 16.27.19 1

Toboali - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung melalui Bidang HAM terus berupaya mendorong dan memacu Pemerintah Daerah untuk lebih meningkatkan kualitas pelaporan Kabupaten/Kota Peduli HAM(KKP HAM) dengan cara jemput bola langsung mendatangi OPD terkait, Senin - Selasa (16-17/05).

Hal tersebut demi mewujudkan Kabupaten yang peduli terhadap HAM yang nantinya akan ditetapkan oleh Menteri Hukum dan HAM melalui penghargaan sebagai bentuk pengakuan implementasi P5HAM di daerah, khususnya di Kab. Bangka Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kasubbid Pemajuan HAM, Yulizar dan staf serta didampingi oleh jajaran Bagian Hukum Setda Bangka Selatan, bertujuan untuk melakukan evaluasi kembali data KKPHAM Bangka Selatan yang telah diverifikasi serta menyampaikan mengenai perbedaan data antara formulir indikator dengan data dukung yang digunakan dalam proses penilaian KKPHAM.

Yulizar mengatakan bahwa esensi kunjungan tersebut bukan hanya sekedar mendorong pemerintah kabupaten dalam pemenuhan data, tapi bagaimana Pemerintah Kabupaten dapat melaksanakan semua indikator HAM sesuai dengan target yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Hasil dari kunjungan, terinventarisirnya kekurangan data KKPHAM Bangka Selatan yang diperlukan dalam pelaporan serta penilaian, seperti Jumlah rumah tangga yang memiliki akses terhadap sanitasi yang layak, Jumlah rumah tangga dengan akses terhadap air minum layak, Program penyediaan rumah layak huni dan terjangkau.

Kemudian beberapa indikator yang terdapat di dalam hak keberagaman dan pluralisme, seperti kegiatan-kegiatan tentang kerukunan umat beragama, dimana data tersebut diperoleh dari Kantor Kementerian Agama Bangka Selatan.

Diharapkan dari koordinasi tersebut, dapat membuka komunikasi yang lebih baik sehingga kedepan lebih memudahkan untuk berkoordinasi, baik Kanwil Kemenkumham Babel dengan Bagian Hukum maupun dengan OPD terkait.

 WhatsApp Image 2023 05 17 at 16.27.19 1

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI