Tanjungpandan – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, dalam hal ini Subbagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga sambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan serta Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Tanjungpandan, Kamis-Sabtu (21-23/03/2024).
Kunjungan tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi kinerja kepegawaian dan kearsipan dalam rangka memenuhi data dukung B03 Lembar Kerja Evaluasi (LKE) dan target kinerja tahun 2024.
Tim yang dipimpin Kepala Bagian Umum, N.A Triandini Oscar, didampingi Kepala Subbagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga, Akbar Aidul Poetra beserta jajaran, diterima langsung oleh Kepala Lapas Tanjungpandan, Gowim Mahali, serta Kepala Kanim Tanjungpandan (Rahmad Suharto).
Pada kesempatan ini, Kepala Bagian Umum, N.A Triandini Oscar menyampaikan sosialisasi terkait Kode Etik Pegawai Kementerian Hukum dan HAM. Ia menuturkan jika Kode Etik Pegawai merupakan seperangkat pedoman perilaku yang mengatur tata cara, nilai-nilai, dan norma yang harus dijunjung tinggi oleh seluruh pegawai. Kode Etik Pegawai Kemenkumham diatur dalam Permenkumham Nomor 20 Tahun 2017.
“Tujuannya untuk mendorong pegawai agar bekerja dengan integritas dan dedikasi, menyediakan pandauan tentang perilaku yang diharapkan dari pegawai, serta menjaga citra positif Kemenkumham di mata masyarakatan,” ujar Andini.
Lalu dijelaskan juga materi terkait Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Penggunaan Aplikasi Srikandi, serta Penyusutan Arsip di Lapas dan Kanim Tanjungpandan.
Kegiatan dilanjutkan dengan monitoring penataan arsip dinamis, pemenuhan data dukung B03 LKE RB dan target kinerja tahun 2024 (periode Januari–Maret 2024), monev database sistem informasi kepegawaian, serta monev kearsipan dan tata naskah dinas sesuai dengan Permenkumham 31 tahun 2020 serta pengawasan pengelolaan kearsipan.
Diharapkan kegiatan Monitoring dan Evaluasi ini dapat menjaga kualitas layanan kepegawaian serta pengelolaan tata usaha dan kearasipan yang baik, guna menciptakan suasana kerja yang kondusif dan mampu menjaga pelayanan tetap prima terhadap masyarakat.
Humas Kanwil Kemenkumham Babel