Semarakkan HUT ke-78 Kemenkumham, Ini Kegiatan yang Dilakukan Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2023 08 20 at 19.26.47

Pangkalpinang – Untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2023, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung telah lakukan beragam kegiatan.

Plh. Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Babel Eva Gantini, Minggu (20/8) mengatakan, tema HUT Kemenkumham tahun ini adalah “Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju”.

Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu Bakti Sosial Donor Darah yang digelar pada tanggal 31 Juli 2023. Pada kegiatan ini Kemenkumham Babel menyumbang 69 kantong darah ke PMI. Kegiatan tersebut berlangsung di empat tempat yakni, Aula Kanwil Kemenkumham Babel (untuk pegawai Kanwil dan UPT di Kota Pangkalpinang), Aula Lapas Tanjungpandan, PMI Bangka Barat (bagi pegawai Rutan Muntok), dan PMI Tanjungpandan (bagi pegawai Kanim Tanjungpandan).

Menurut Eva Gantini, pihaknya juga telah melakukan Penyuluhan Hukum Serentak tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) pada 2 Agustus 2023, terpusat dari Kantor Walikota Pangkalpinang dan dibuka langsung oleh Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil. Dua lokasi lainnya yaitu Desa Air Mesu Bangka Tengah dan Kelurahan Pangkal Lalang Kabupaten Belitung.

“Total peserta berjumlah 200 orang yang terdiri dari para Lurah, perangkat Desa, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat,” ujar Eva.

Tidak hanya itu, Kanwil Kemenkumham Babel juga mendekatkan layanan kepada masyarakat dengan membuka stand Legal Expo Kemenkumham pada ERPEKA Festival 2023 yang digelar di Wilhelmina Park Pangkalpinang, pada 4-6 Agustus 2023. Pada kegiatan tersebut, disediakan konsultasi mengenai Hukum dan HAM serta diberikan pendampingan mengenai pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (seperti merek, hak cipta, dan lainnya), layanan Administrasi Hukum Umum (seperti Apostille dan Perseroan Perorangan) dan HAM.

Selain itu, dipamerkan produk unggulan karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Babel seperti kerajinan tangan serta produk makanan. “Pj. Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu sempat meninjau langsung dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini,” kata Eva.

Kemenkumham Babel melalui Kantor Imigrasi juga menggelar Layanan Paspor Merdeka yang dilakukan sebagai upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat di luar jam kerja, sehingga memudahkan masyarakat yang memiliki kesibukan di hari kerja.

Layanan Paspor Merdeka yang dilaksanakan pada 5 Agustus 2023 ini dilakukan pada dua lokasi, yaitu di Taman Dealova Pangkalpinang oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang dan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan. “Pada kegiatan ini, Imigrasi Kemenkumham Babel berhasil melayani 53 permohonan paspor,” ujar Eva.

Kanwil Kemenkumham Babel juga telah melakukan Bakti Sosial Pengentasan Stunting Anak Balita, dengan membagikan paket penanganan stunting secara langsung kepada keluarga membutuhkan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2023, pada beberap titik lokasi yakni Kelurahan Air Itam, Kelurahan Air Mawar dan Kelurahan Sinar Bulan.

Pada 9 Agustus 2023, Kemenkumham Babel melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Prawitralaya Bangka Tengah. Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto beserta jajaran melakukan tabur bunga di pusara Gubernur Babel tahun 2007-2013 Eko Maulana Ali, dan Walikota Pangkalpinang tahun 1973-1978 Roesli Ramli, serta pusara para pahlawan lainnya.

Selepas itu, Kanwil Kemenkumham Babel mengikuti Sosialisasi UU Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP secara virtual dari Hotel Santika Pangkalpinang, dengan mengundang Forkopimda, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi, Hakim, Jaksa, Penyidik, Organisasi Bantuan Hukum, serta Perancang Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham Babel.

Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto mengatakan, untuk menyebarluaskan informasi hukum dan untuk meningkatkan kesadaran hukum para pelajar SMA/SMK, Kanwil Kemenkumham Babel menggelar Lomba Kadarkum (Keluarga Sadar Hukum) di Gedung Mahligai Rumah Dinas Pj. Gubernur Babel, 10 Agustus 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh 7 SMA/SMK dari masing-masing Kabupaten. Materi yang dilombakan terkait Kekayaan Intelektual, Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dan taat Berlalu Lintas. “Lomba Kadarkum ini merupakan sinergi kami dengan Dinas Pendidikan Provinsi Babel,” kata Harun.

Menurut Harun, pihaknya juga lakukan lomba tradisional yang bersifat hiburan seperti lomba bakiak, lompat karung, makan kerupuk, tarik tambang dan estafet sarung. Tempatnya di Bangka Botanical Garden pada 16 Agustus kemarin.

Puncak kegiatan HUT Kemenkumham akan dilaksanakan Upacara Bendera pada 21 Agustus 2023 yang dipusatkan di halaman Kanwil Kemenkumham Babel. Pesertanya dari jajaran Kanwil serta Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian di Kota Pangkalpinang.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kakanwil Harun Sulianto yang akan membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Prof Yasonna H Laoly.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI