Syukuran Hari Bhakti Imigrasi ke-74, Pj. Gubernur Babel Apresiasi Layanan Keimigrasian

WhatsApp Image 2024 01 27 at 05.35.37

Pangkalpinang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung gelar Syukuran Hari Bhakti Imigrasi ke-74 dengan tema ‘Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi’, di Balai Pengayoman Kantor Wilayah, Jumat (26/01/2024).

Pj. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali saat menghadiri kegiatan tersebut mengucapkan Selamat Hari Bhakti Imigrasi ke-74 kepada seluruh insan Imigrasi, di Provinsi Bangka Belitung.

“Imigrasi adalah wajah Indonesia, pintu masuknya Indonesia. Setiap masuk pertama tentu harus membawa kesan yang baik, oleh karenanya Imigrasi harus menyambut orang asing yang masuk ke Indonesia dengan penuh senyuman,” ujar Pj. Gubernur.

Disampaikan Safrizal, keimigrasian telah maju pesat dan membanggakan. Imigrasi telah memberikan layanan yang baik, seperti layanan bagi masyarakat dalam penerbitan paspor.

“Dengan digitalisasi, saat ini sudah tidak ada lagi paspor ganda. Proses digitalisasi paspor imigrasi di indonesia menuju pada titik yang luar biasa, sehingga bisa memberikan layanan paspor 1 hari selesai. Bukan hanya 1 hari, tapi beberapa jam saja paspor sudah bisa terbit,” tutur Safrizal.

Pj. Gubernur Babel menuturkan, Petugas Imigrasi yang memberikan pelayanan di pusat pelayanan sudah sesuai dengan SOP dan etikanya sangat baik dalam pelayanan, hal tersebut merupakan kemajuan yang harus diapresiasi.

“Semoga tahun ke tahun layanan keimigrasian terus meningkat, menuju keimigrasian kelas dunia. Mari bersama kita support agar keimigrasian dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” harap Safrizal.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto menyampaikan jajaran Imigrasi telah berupaya memberikan pelayanan dan kepastian hukum secara digital, cepat, efisiensi dan transparan.

“Transformasi digital yang dilakukan antaranya adalah e-paspor yang sudah berlaku 10 tahun, fasilitas autogate di bandara, dan sistem informasi keimigrasian (SIMKIM),” ujar Harun.

Kakanwil Harun menuturkan beberapa capaian yang diraih Imigrasi Bangka Belitung pada tahun 2023 lalu, yakni PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sebesar 11.6 Milyar atau melebihi 200% dari yang ditargetkan, penerbitan paspor sebanyak 17.113 buku , dan 18 kali lakukan tindakan deportasi WNA.

Dikatakan Harun, Kantor Imigrasi Tanjungpandan sudah berpredikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) sejak tahun 2020 dan juga Kantor Imigrasi Pangkalpinang berpredikat WBK sejak tahun 2019, kedua predikat tersebut diperoleh dari Kemenpan RB.

Harun menyebutkan inovasi yang telah dilakukan Imigrasi Bangka Belitung diantaranya adalah ‘Pasir Kuarsa’ (Pelayanan Keimigrasian Keluar Masuk Desa), ‘Lapor Ndan’ (Layanan Paspor Nyaman di Akhir Pekan) yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang dan ‘Mendanau’ (Melayani Antar Desa dan Pulau) yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan.

Saat ini ada Inovasi baru yang sedang digagas yakni pembentukan Imigrasi Corner di tiap Kabupaten Bangka Selatan dan Belitung Timur. Serta ada inovasi berbasis Teknologi Informasi, Simpor Versi 2 yaitu aplikasi yang dapat digunakan oleh pemohon untuk melacak tahapan permohonan paspornya, dan telah dikembangkan dengan menambahkan fitur pemberitahuan yang dikirimkan melalui SMS ke nomor pemohon ketika paspornya telah selesai.

“Kami menghaturkan terima kasih atas kolaborasi dari pemangku kepentingan terkait yang telah menyukseskan tugas keimigrasian di Babel,” kata Kakanwil kelahiran Belinyu Bangka tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Kepolisian Daerah Babel (Irjen Pol. Tornagogo), Komandan Korem 045/Garuda Jaya (Brigjen TNI. Dedy Prasetyo), Kepala BIN Babel (Jusak Tarigan), Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Babel (Aroziduhu Waruwu), Koordinator Kejaksaan Tinggi Babel (Frendra), Dandempomal Kodim Babel (Mayor Laut (PM) Dodi Irawan), serta Pj. Walikota Pangkalpinang (Lusje Anneke Tabalujan).

Lalu hadir jajaran Forkopimda Kota Pangkalpinang, Kepala Divisi Keimigrasian (Doni Alfisyahrin), Kepala Divisi Administrasi (Muslim Alibar), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kunrat Kasmiri), Kepala Kantor Imigrasi Pangkalpinang (Alimuddin) dan para Kepala UPT Pemasyarakatan di Pangkalpinang.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI