Surabaya - Dalam rangka pembangunan zona integritas di Kanwil Kemenkumham Babel, tim Pokja Pembangunan Zona Integritas mengunjungi Kanwil Kemenkumham Jatim yang merupakan satu-satunya Kantor Wilayah Kemenkumham yang telah mendapat predikat WBBM, Kamis, (19/01/23).
Rombongan tim pokja yang terdiri dari Kabag Program dan Humas, Triandini Oscar, Kasubbag Program dan Pelaporan, Margaret Sari, Kasubbag Humas, RB dan TI, Sriyani Agustina, dan para JFU dan JFT Divisi Administrasi ini diterima dengan baik oleh jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim yakni Kadiv Administrasi, Saefur Rochim, Kabag Program dan Humas, Meirina Saeksi, Kasubbag Humas, RB dan TI, Ishadi, Kasubbag Program dan Pelaporan, Ratno beserta jajaran program dan humas.
Mengawali kegiatan, Kadivmin Rochim mengutarakan rasa terimakasihnya atas kepercayaan dan perkenan jajaran Kanwil Babel untuk melakukan studi tiru di Kanwil Jatim. "Ini sifatnya bukan menggurui, namun sharing session. Jika ada hal baik dari Kanwil Jatim silahkan diambil, dan sebaliknya jika ada hal yang lebih baik juga dari Kanwil Babel mohon disampaikan agar dapat kami implementasikan", pesan Rochim.
Melanjutkan kegiatan, Kabag PH Meirina menyampaikan arahannya. Menurutnya, pemenuhan data dukung Lembar Kerja Evaluasi (LKE) WBK/WBBM dapat berjalan mulus karena semua divisi dan semua pokja dilibatkan, dan dipilih sesuai dengan mekanisme di LKE. "Di Kanwil Jatim ini terdapat kelompok kerja dan kelompok koreksi, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan data dukung", ujar Meirina.
Masuk ke inti kegiatan, Kasubbag Humas RB TI Ishadi memberi insight terkait apa-apa saja Kunci Sukses yang telah membawa Kanwil Jatim sehingga dapat meraih WBBM. "Kuncinya itu ada di paparan, video dan jingle, maka kemaslah dengan baik 3 hal penting tersebut", ujar Ishadi.
Menurut Ishadi, branding harus diperkuat, langkah awalnya adalah membuat tagline. Selanjutnya publikasikan kepada masyarakat melalui berbagai media, misalnya melalui postingan di media sosial, dibunyikan dalam setiap kegiatan publik, hingga dipasang pada kendaraan operasional.
Kegiatan dilanjutkan dengan visitasi ke Pusat Layanan Terpadu. Pada Pusat Layanan Terpadu, terdapat berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, baik terkait Kekayaan Intelektual, Pemasyarakatan, AHU, maupun keimigrasian. Selanjutnya kunjungan diakhiri dengan benchlearning antara tim humas Kanwil Babel dengan tim humas Kanwil Jatim khususnya dalam hal produksi konten. "Untuk video terkait iklan layanan, koordinasikan dengan pihak terkait, misal iklan KI, AHU dan lain sebagainya", ujar salah satu tim humas Kanwil Jatim, Danny Indra Keegan. Hal ini, kata Danny, dimaksudkan sebagai brainstorming sehingga muncul ide yang out of the box karena dihasilkan dari hasil kolaborasi antara tim kreatif dan tim teknis.
Humas Kanwil Kemenkumham Babel