TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN, KANWIL KEMENKUMHAM BABEL IKUTI MATERI PENGUATAN DOKUMENTASI DAN INFORMASI HUKUM TAHUN 2022 SECARA VIRTUAL

WhatsApp Image 2022 11 17 at 16.42.54 2

Pangkalpinang, (17/11/2022)Kanwil Kemenkumham Babel dalam hal ini Tim pengelola JDIH pada Subbidang Luhbankum dan JDIH mengikuti kegiatan Webinar Nasional Penguatan Dokumentasi dan Informasi Hukum secara virtual melalui zoom meeting yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN).

Kegiatan ini mengambil tema "Strategi Pengembangan Pengelolaan JDIH Dalam Mewujudkan Database Dokumen Hukum Nasional Yang Lengkap, Akurat, Mudah, dan Cepat".

eAdapun para peserta kegiatan yang hadir terdiri dari berbagai unsur seperti dari perwakilan Kementerian/Lembaga Negara, Kantor Wilayah, Biro Hukum Provinsi, Bagian Hukum Kabupaten/Kota, Sekretariat DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota, sampai dengan Universitas baik Negeri maupun Swasta yang tergabung dalam anggota JDIH Nasional.

Kegiatan Webinar Nasional sendiri dibuka langsung oleh Kepala BPHN (Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.H.) yang menyampaikan bahwa kegiatan penguatan dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan JDIH terutama dalam hal menjawab tantangan pelayanan publik yang berorientasi pada hasil. Pelayanan JDIH yang merupakan bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) harus selalu dilakukan peningkatan berupa inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai penerima layanan.

"Kekurangan SDM, Anggaran, Sarana dan Prasana yang merupakan masalah klasik diharapkan tidak menjadi penghambat dalam memberikan terobosan inovasi pengelolaan JDIH," tuturnya.

Pada kegiatan Webinar Nasional kali ini diisi dengan materi yang disampaikan oleh para Narasumber yang berasal dari instansi-instansi penerimaan JDIH Awards 2022.

Narasumber pertama dalam kegiatan ini yaitu Budi Purwanto, S.H., M.H yang merupakan Kepala Biro Hukum Kemenkomarves menyampaikan tentang terobosan-terobosan yang dilakukan Kemenkomarves dalam pengelolaan JDIH. Terobosannya seperti alih bahasa asing peraturan untuk memudahkan para investor, memakai google analytic dalam mengevaluasi kinerja, dan memanfaatkan aplikasi search engine untuk memudahkan pencarian dokumen hukum.

Kemudian narasumber kedua yaitu Ida Bagus yang merupakan Kepala Biro Hukum Provinsi Bali menyampaikan materi terkait langkah-langkah strategis Pemerintah Daerah Provinsi Bali dalam upaya peningkatan pelayanan JDIH. Langkah-langkah tersebut seperti memperbaiki metadata dokumen hukum sesuai dengan ketentuan, melakukan kolaborasi dan sinergitas dengan pemerintah daerah Kabupaten/Kota, dan juga menjalin hubungan dengan pihak Universitas baik Negeri maupun Swasta yang ada di Provinsi Bali.

Kemudian narasumber ketiga yaitu Mujiono sebagai Kepala Bagian Hukum Kabupaten Bayuwangi yang merupakan perwakilan instansi best of the best JDIH Awards 2022. Disampaikan berbagai macam inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Kabupaten Bayuwangi seperti pojok JDIH di Desa, Perda berbahasa asing, E-moneva JDIH, event lomba JDIH, JDH masuk Desa, Pengaduan pungli, penyusunan Raperda, simple Bankum maskin, mars JDIH, sampai dengan JDIH mengajar.

Semua pemaparan yang disampaikan oleh para Narasumber diharapkan dapat menjadi penyemangat dan refrensi bagi pengelola JdIH lainnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Secara umum kegiatan Webinar Nasional Penguatan Dokumentasi dan Informasi Hukum berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi momentum dalam upaya peningkatan pelayanan pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum yang lebih lengkap, akurat, mudah dan cepat diakses oleh masyarakat.

(Subbid Luhbankum dan JDIH Kanwil Kemenkumham Babel)

 WhatsApp Image 2022 11 17 at 16.42.54 2WhatsApp Image 2022 11 17 at 16.42.54 2WhatsApp Image 2022 11 17 at 16.42.54 2WhatsApp Image 2022 11 17 at 16.42.54 2WhatsApp Image 2022 11 17 at 16.42.54 2

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI