Workshop Pendampingan dan Penyusunan Laporan SPIP, Maturitas SPIP, dan Penerapan Manajemen Risiko

DSCA6031

Pangkalpinang - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan Workshop Pendampingan dan Penyusunan Laporan SPIP, Maturitas SPIP, dan Penerapan Manajemen Risiko Tahun 2023 (21/2/23).

Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Balai Pengayoman Kanwil Kemenkumham Babel dan diikuti oleh 60 orang peserta, tamu dan undangan. Peserta Kegiatan ini berasal dari 11 Unit Pelaksana Teknis dan 4 Divisi Di Kanwil Kemenkumham BABEL.

Hadir pada pembukaan kegiatan yaitu Kakanwil, Harun Sulianto, Kepala Divisi Administrasi Muslim Alibar, Para Kepala Bidang/ Bagian, Kabag. Program dan HUMAS, Kasubbag. HUMAS, RB, dan TI, dan Kasubbag. Program dan Pelaporan. serta seluruh Operator SPIP dan Manajemen Risiko.

Kegiatan Workshop Pendampingan dan Penyusunan Laporan SPIP, Maturitas SPIP, dan Penerapan Manajemen Risiko dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi, Muslim Alibar dengan susunan acara pembukaan, Lagu Indonesia Raya, Lagu Mars Kemenkumham, Laporan Ketua Panitia, Sambutan Kepala Kantor Wilayah, Penutup dan Workshop.

Kegiatan ini akan diisi materi tentang Maturitas SPIP DAN Manajemen Risiko oleh narasumber Auditor Utama, Yon Sumitro (Inspektorat Jenderal) dan Auditor Muda, Surya Narendra (Inspektorat Jenderal).

Pada pembukaan kegiatan, Kepala Divisi Administrasi sebagai Ketua Penyelenggara Kegiatan menyampaikan diharapkan kegiatan ini mampu menjadi fasilitas dan sarana dalam melakukan penilaian kertas kerja evaluasi maturitas penyelenggaraan SPIP sehingga kualitas dapat meningkat serta dapat melakukan mitigasi terhadap penyebab risiko agar kemungkinan terjadinya risiko semakin kecil.

Kemudian Kepala Kantor Wilayah, Harun Sulianto dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun lalu Kanwil Babel memperoleh peringkat 1 (satu) kinerja anggaran kanwil tipe C dan Tahun ini juga kanwil babel memperoleh peringkat 1 (satu) dalam SPBE.


Kemudian beliau menyampaikan SPIP adalah proses integral yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai agar tercapainya tujuan organisasi. SPIP Efektif apabila tercapainya tujuan dengan efektif dan efisien, andalnya laporan keuangan, amannya aset negara, taatnya organisasi pada ketentuan yang berlaku.


Lanjut beliau, "Setiap kegiatan harus memiliki capaian dan output yang jelas dan memberikan dampak pada masyarakat." Lalu Kakanwil sampaikan selamat kepada Lapas Narkotika atas raihan Kinerja Anggaran Terbaik. Beliau juga berharap pertemuan ini memberikan manfaat dan menjadi langkah awal dalam menyusun mitigasi risiko terhadap hal-hal yang dapat menghambat tercapainya tujuan organisasi.

Setelah sambutan kakanwil, dilanjutkan dengan foto bersama peserta kegiatan.

Setelah foto bersama dilanjutkan dengan pemaparan materi hari pertama oleh narasumber Auditor Ahli Madya Yon Sumitro dan Auditor Muda Surya Narendra tentang Maturitas SPIP yaitu :
- Dasar hukum SPIP ada 3 (tiga) yakni : PP 60/2018, Permenkumham 33/2013 dan PerkaBPKP 5/2021.
- penilaian tingkat Maturitas Penyelenggaraan SPIP dilaksanakan secara terintegrasi mencakup unsur- unsur: a) SPIP; b) MRI; c) IEPK dan; d) Kapabilitas APIP.
- tingkat maturitas level SPIP dibagi menjadi 5 (lima) Rintisan, Berkembang, Terdefinisi, Terkelola/Terukur, Optimum..

(Humas Kanwil Kemenkumham Babel)

DSCA6003

DSCA6063DSCA6063DSCA6063DSCA6063

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI