Demi Layanan JDIH di Wilayah Yang Lebih Baik, Kanwil Kemenkumham Babel Siap Bersinergi dan Berkolaborasi dengan BPK Perwakilan Babel

WhatsApp Image 2024 03 28 at 19.02.59 1

Pangkalpinang - Kanwil Kemenkumham Babel dalam hal ini Tim pengelola JDIH menerima kunjungan dan koordinasi dari Tim Subbagian Hukum BPK perwakilan Babel bertempat di ruang Lobi lantai I pada Kamis (28/03). Kunjungan sendiri bertujuan untuk diskusi dan bertukar pikiran terkait upaya meningkatkan layanan serta pengelolaan JDIH di wilayah Provinsi Babel.

Dalam penyampaiannya, Muhamat Arianto selaku Kasubbid Luhbankum dan JDIH menyambut baik kunjungan dan koordinasi yang dilakukan oleh BPK perwakilan Babel dalam rangka upaya meningkatkan dan menggenjot pengelolaan JDIH di wilayah. Lebih lanjut disampaikan bahwa memang diperlukan diskusi-diskusi yang membangun sehingga ditemukan solusi atas beberapa inventaris masalah dalam pengelolaan JDIH selama ini.

"Walaupun sudah 100% terintegrasi JDIHN di wilayah, namun memang masih perlu banyak perbaikan sehingga layanan bisa lebih optimal lagi," ujar Ariyanto.

Agus Priantoro selaku Kasubbagian Hukum BPK Perwakilan Babel menyampaikan bahwa kunjungan ke Kanwil Kemenkumham Babel merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi terkait pengelolaan JDIH. Jika dilihat dari penilaian tahun 2023 yang lalu, masih ada beberapa anggota JDIHN di wilayah khususnya pada Sekwan yang masih bisa ditingkatkan lebih lagi pengelolaannya. Dengan peningkatan pengelolaan maka secara otomatis akan meningkatkan penilaian JDIH masing-masing anggota.

"Khusus untuk BPK Perwakilan Babel sendiri, peningkatan pengelolaan layanan JDIH akan memberikan kemudahan didalam proses Audit yang akan dilaksanakan," ujar Toro.

Ariyanto menyampaikan salah satu kendala yang dihadapi di wilayah yaitu operator JDIH yang tidak tetap dan sering berubah-ubah setiap tahunnya yang mengakibatkan tidak optimalnya penginputan dokumen hukum pada laman anggota JDIHN.

Oleh karena itu, sebagai langkah solusi, setiap tahun Kantor Wilayah Kemenkumham Babel melaksanakan kegiatan Asistensi teknis pengelolaan JDIH kepada para operator, sehingga informasi terkait teknis pengelolaan dapat tersampaikan secara menyeluruh dan terus menerus. Adapun untuk tahun 2024 ini, direncanakan kegiatan Asistensi tersebut akan dilaksanakan pada akhir bulan April 2024. Oleh karena itu, diharapkan pada kegiatan tersebut BPK perwakilan Babel dapat untuk ikut dan berpartisipasi didalamnya.

"Harapannya BPK perwakilan Babel dapat memberikan insight kepada para pengelola dan operator JDIH diwilayah sebagai salah satu Narasmber pada kegiatan Asistensi nantinya," kata Ariyanto.

Sebagai informasi, JDIH BPK sudah meraih penghargaan terbaik I dalam kategori Lembaga Negara pada JDIH Award dengan 5 tahun berturut-turut dari tahun 2019 sampai 2023. Oleh karena itu, harapannya semua inovasi dan pengalaman tersebut dapat dibagikan kepada para anggota JDHN di wilayah sehingga mendorong pengelolaan yang lebih baik dari sebelumnya.

Subbidang Luhbankum dan JDIH

 WhatsApp Image 2024 03 28 at 19.02.59 1WhatsApp Image 2024 03 28 at 19.02.59 1


Cetak