WARGA BINAAN RUTAN MUNTOK KANWIL KEMENKUMHAM BABEL SELESAIKAN PELATIHAN

2

Muntok (08/09) - Sebanyak 16 orang Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Muntok Kanwil Kemenkumham Babel telah menyelesaikan pelatihan program Mobile Training Unit (MTU) dari Balai Latihan Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam bidang pemasangan bajaringan yang telah berjalan sejak tanggal 24 Agustus selama 14 hari kerja.

Elfiyana Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang hadir saat penutupan MTU mengajak Warga Binaan Rutan Muntok Kanwil Kemenkumham Babel untuk menjadi pengusaha, “Mari kita merubah maindset, kita jangan diam dan kita harus berusaha. Bapak-bapak disini sangat special karena diluar banyak sekali yang ingin mengikuti pelatihan namun kami memilih untuk mengadakan pelatihan disini. Kami berharap Bapak-bapak dapat menjadi pengusaha atau dapat bekerja ditempat lain karena tidak hanya memiliki sertifikat namun Bapak-bapak juga sudah memiliki ilmu sehingga dapat menjadi pahlawan ekonomi bagi keluarga agar tidak larut ditengah pandemic covid-19 ini” Ungkap Elfi.

Selain itu, Elfi juga berharap agar BLK Kabupaten Bangka Barat dapat mempromosikan Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Muntok Kanwil Kemenkumham Babel yang sudah menerima pelatihan kepada pemerintah daerah sehingga mereka mempunyai wadah dalam berkreasi.

Heru Pujakesuma, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Bangka Barat yang juga turut hadir berharap agar Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Muntok Kanwil Kemenkumham Babel ini tidak melakukan perbuatan melanggar hukum lagi “kami berharap agar skill yang sudah didapatkan dapat terus diasah dan dilatih karena ini adalah modal yang sangat mahal. Dan tidak mengulangi lagi perbuatan yang melanggar hukum.” Ujar Heru dalam sambutan.

2

Dalam kesempatan yang sama, Rosdjumiati Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangka Barat mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sedang mencoba melakukan kerjasama dengan para pihak swasta yang nantinya diharapkan dapat memberikan pelatihan atau ketrampilan yang beragam dalam dunia usaha kepada Warga Binaan Rutan Muntok Kanwil Kemenkumham Babel.

Abdul Rasyid Meliala selaku Kepala Rutan Muntok Kanwil Kemenkumham Babel berharap agar program kegiatan pelatihan seperti ini dapat diadakan kembali di Rutan, “kami berharap sinergitas dalam rangka melakukan pembinaan bagi Warga Binaan Rutan Muntok Kanwil Kemenkumham Babel dapat terus terjalin dengan harmonis. Dan terima kasih kepada Kejari Bangka Barat yang selalu mensupport dalam melakukan pembinaan, kami juga tetap berharap kepada Ibu Elfi dan Ibu Ros untuk tidak lelah membantu kami dalam memberikan bekal dan semoga kegiatan pelatihan program MTU ini masih dapat diadakan Kembali sebagai bekal bagi Warga Binaan di Rutan Muntok Kanwil Kemenkumham Babel. “ ungkap Rasyid.

(HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM BABEL)


Cetak   E-mail