Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Optimalisasi Layanan AHU di Wilayah, Kadivyankumham Babel Bahas Isu Layanan dengan Direktorat Badan Usaha Ditjen AHU

koord ahu 1

Jakarta - Dalam upaya meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fajar Sulaeman Taman, didampingi oleh Kepala Subbidang AHU, M. Bangbang, melakukan konsultasi dengan Direktorat Badan Usaha dan Direktorat Teknologi Informasi Ditjen AHU.

Konsultasi diterima dengan baik oleh Direktur Badan Usaha, Santun M. Siregar, dan Analis Hukum Madya, Laila Yunara. Dalam pertemuan tersebut, Fajar Sulaeman Taman menyampaikan bahwa tujuan utama konsultasi ini adalah untuk mempererat silaturahmi serta mengatasi beberapa kendala dalam pelayanan kepada masyarakat. Dua isu utama yang dibahas adalah: pertama, kesulitan dalam permintaan data terkait profil korporasi oleh instansi terkait; dan kedua, munculnya dua nama yayasan yang persis sama di aplikasi AHU namun dengan pengesahan pendirian yang berbeda.

Menanggapi hal tersebut, Bapak Santun M. Siregar menyampaikan bahwa Ditjen AHU berusaha untuk merespons permintaan data profile korporasi dengan secepat mungkin. Namun, terdapat tahapan yang harus diikuti, sehingga proses penyediaan data tersebut memerlukan waktu. Selain itu, Bapak Santun menjelaskan bahwa permasalahan mengenai dua nama yayasan yang memiliki kesamaan tetapi berbeda dalam pengesahannya akan segera ditindaklanjuti. Koordinasi lebih lanjut akan dilakukan dengan Direktorat Teknologi Informasi untuk menyelesaikan isu tersebut.

Kepala Subbidang AHU, M. Bangbang, menambahkan bahwa kedua yayasan tersebut didirikan pada tahun yang berbeda, yaitu 2010 dan 2011, dan memiliki alamat serta kepengurusan yang berbeda pula. Salah satu yayasan mengalami kendala dalam melakukan perubahan karena informasi terkait tidak dapat ditemukan di aplikasi AHU, sehingga proses pengajuan perubahan tidak dapat dilakukan.

Analis Hukum Madya, Laila Yunara, menjelaskan bahwa kasus ini merupakan isu yang berbeda. Ia menambahkan bahwa pihaknya akan segera berkoordinasi dengan jajaran Direktorat Teknologi Informasi untuk menangani kendala tersebut.

Di akhir konsultasi, Fajar Sulaeman Taman mengucapkan terima kasih kepada Direktur Badan Usaha atas pencerahan yang diberikan mengenai beberapa kendala yang dihadapi di wilayah. Ia berharap agar Ditjen AHU terus memberikan dukungan untuk penyelesaian masalah dan meningkatkan layanan AHU di wilayah.

 

Divyankumham Kemenkumham Babel

koord ahu 2

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI