Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Sambangi Kanim Tanjungpandan, Imigrasi Kemenkumham Babel Lakukan Monev Kinerja dan Sosialisasi Pelayanan

WhatsApp Image 2024 06 25 at 14.48.01

Tanjungpandan – Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung lakukan monitoring dan evaluasi kinerja serta sosialisasi pelayanan pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan, Selasa (25/06/2024).

Tim yang dipimpin oleh Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian (Zinfokim), Erwin Hariyadi, diterima langsung oleh Kepala Kanim Tanjungpandan, Rahmad Suharto dan Kepala Seksi Teknologi Informasi Kemigrasian, Yahya.

Kabid Zinfokim, Erwin Hariyadi menyampaikan, kegiatan ini merupakan pemenuhan target kinerja tahun 2024, yaitu sosialisasi perluasan pelayanan e-paspor dan analisis kebutuhan layanan paspor pada kantor imigrasi.

“Kegiatan ini juga untuk memastikan pelayanan paspor di Kanim Tanjungpandan dapat berjalan dengan optimal, baik dari segi kesiapan petugas maupun fasilitas pendukung, serta sesuai ketentuan Standar Operasional Prosedur (SOP),” ujar Erwin.

Lebih lanjut, Erwin meminta jajaran Kanim Tanjungpandan agar melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, sinergi dengan Aparat Penegak Hukum, serta selalu waspada saat wawancara dan melakukan profiling mendalam saat pembuatan paspor, terutama kepada para pekerja migran.

“Berdasarkan target kinerja, melalui Keputusan Dirjen Imigrasi Nomor IMI-0005.GR.01.02 Tahun 2024, dari 126 Kantor Imigrasi di Indonesia, seluruhnya telah memberikan layanan paspor elektronik, dan di dalam pelayanan paspor harus memenuhi 60% pemohon e-paspor, dan 40% pemohon paspor biasa,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, ia juga menanyakan kendala dan solusi yang dilakukan Kanim Tanjungpandan dalam menghadapi masalah pelayanan paspor di satuan kerjanya.

Kepala Kanim Tanjungpandan, Rahmad Suharto menyampaikan bahwa pelayanan e-paspor telah dilaksanakan oleh Kanim Tanjungpandan dengan menjalankan strategi peningkatan penerbitan e-paspor melalui penambahan kuota e-paspor pada aplikasi m-paspor.

“Pelayanan paspor di Kanim Tanjungpandan rata-rata 10 pemohon perhari, untuk tujuannya yaitu wisata dan umroh, baik itu layanan e-paspor dan paspor biasa, termasuk layanan percepatan,” jelas Rahmad.

Disampaikan Rahmad, terkait layanan paspor yang mengalami gangguan dari sistem PDN Kominfo, saat ini di Kanim Tanjungpandan melayani pemohon yang mendaftar secara langsung ke kantor, dan melakukan pelayanan pemohonan sampai ke tahap foto dan wawancara saja.

“Untuk pencetakan dokumen paspor masih menunggu perbaikan sistem dari PDN Kominfo,” tuturnya.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel

WhatsApp Image 2024 06 25 at 14.48.00 1

WhatsApp Image 2024 06 25 at 14.48.00

 

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PikPng.com school icon png 2780725   Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
PikPng.com phone icon png 604605   +62811717469
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbabel@kemenkumham.go.id 
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumhambabel@gmail.com 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham   linked in kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Komplek Perkantoran Gubernur, Jl. Pulau Bangka, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33684
  +62811717469
PikPng.com email png 581646   kanwilbabel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumhambabel@gmail.com 

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI