Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Berita Utama

Pencarian Data

 

 

WhatsApp Image 2019 08 01 at 11.51.09

PANGKALPINANG, INFO_PAS(01/08/2019) Lapas Narkotika Kelas III Pangkalpinang melakukan kegiatan Tes HIV dan Hepatitis (VCT) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. Bertempat di Poliklinik Lapas Narkotika Kelas III Pangkalpinang sebanyak 50 WBP mengikuti kegiatan tes yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut Perjanjian Kerjasama Nomor HK.03.01/3/0025.38/2018 tanggal 5 Januari 2018 antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan sebagai Sub Recipient GF-ATM Komponen AIDS dengan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai Principal Recipient GF-ATM Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam Pelaksanaan Proyek Indonesia HIV Response: Eliminating the AIDS Epidemic in Indonesia by 2030.

“Setiap warga binaan wajib mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, sesuai dengan perintah undang-undang, kami (pihak Lapas) komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan. Salah satunya pelaksanaan kegiatan Skrining HIV dan Hepatitis bagi Warga Binaan Pemasyarakatan”, ucap Yugo Indra Wicaksi selaku Kalapas.

“Saat ini pihak lapas dapat melakukan kegiatan ini dalam bentuk VCT mandiri dikarenakan petugas lapas sudah terlatih, tetapi dibantu juga VCT mobile dari pihak Puskesmas dengan harapan seluruh penghuni lapas dapat di Tes seluruhnya, dengan tujuan menghentikan epidemi AIDS di Indonesia pada tahun 2030, melalui program pengendalian HIV AIDS dan kolaborasi TB-HIV bagi Warga Binaan Pemasyarakatan”, tambahnya lagi.

“Overcrowded bukan masalah. Overcrowded justru adalah peluang besar jajaran Pemasyarakatan untuk bekreasi dan inovasi ciptakan solusi terbaik bagi Bangsa dan Negara melalui pemikiran-pemikiran modern yang out of the box”, tutupnya ketika ditanya terkait lapas narkotika menjadi lapas terpadat di Bangka Belitung dan overcapasitas dengan penghuni 1.013 Orang/01/08/19.

(Kontributor : HUMAS LAPAS NARKOTIKA PANGKALPINANG)