Koba - Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di bidang Keimigrasian, Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung lakukan Sosialisasi Imigrasi Corner kepada para Camat, Lurah, dan Kepala Desa di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.
Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa, 13 Agustus 2024 di Aula Balai Diklat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.
Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Doni Alfisyahrin menyampaikan bahwa salah satu tujuan dibentuknya inovasi pelayanan keimigrasian Imigrasi Corner adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi layanan keimigrasian, seperti persyaratan pembuatan paspor, serta pelaporan Warga Negara Asing (WNA).
"Dengan adanya Imigrasi Corner, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Kantor Imigrasi untuk mendapatkan informasi layanan keimigrasian. Cukup datang ke Imigrasi Corner yang tersedia di kecamatan, kelurahan dan desa,” ujarnya.
Hadir mewakili Bupati Bangka Tengah, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum, M Anas Ma’ruf dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepualauan Bangka Belitung atas sinergitas yang terjalin, sehingga Kabupaten Bangka Tengah mendapat kepercayaan menjadi tempat dilaksanakannya sosialisasi yang bertujuan dapat memberikan pengetahuan dan informasi bagi pemerintah daerah, pemerintah desa serta masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah.
Dalam kegiatan ini, para camat, lurah, dan kepala desa juga diberikan sosialisasi mengenai Paspor Republik Indonesia dan Aplikasi M Paspor serta kewajiban pemilik penginapan melaporkan keberadaan orang asing Asing dari narasumber dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang.
Para peserta yang hadir menyambut baik program ini. Mereka berharap bahwa dengan adanya Imigrasi Corner, masyarakat di wilayahnya akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi layanan keimigrasian tanpa harus mengalami kesulitan karena jarak dan waktu.
Acara ditutup dengan sesi tanya jawab, dimana para peserta aktif berdiskusi dan menyampaikan berbagai masukan serta harapan terkait peningkatan pelayanan keimigrasian di wilayah mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik dalam memperkuat sinergi antara instansi vertikal dan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
Humas Kanwil Kemenkumham Babel